Kompas TV olahraga sepak bola

Kronologi Polemik Saddil Ramdani: Dihujat Netizen Indonesia, Dibela Media Malaysia

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 22:00 WIB
kronologi-polemik-saddil-ramdani-dihujat-netizen-indonesia-dibela-media-malaysia
Duel perebutan bola Saddil Ramdani dengan Doan Van Hau dalam laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Indonesia di Stadion My Dinh, Hanoi, 9 Januari 2023. (Sumber: Nhac Nguyen/AFP via Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemain sayap Timnas Indonesia, Saddil Ramdani, belakangan ini menjadi perbincangan bagi publik sepak bola tanah air.

Saddil yang saat ini bermain di Liga Malaysia bersama Sabah FC itu dihujat setelah menanggapi komentar-komentar warganet yang memberikan kritik di Instagram.

Mantan pemain Persela Lamongan itu juga sempat menyebut kata ‘pendatang’ yang diduga menyindir para pemain naturalisasi dalam salah satu komentarnya.

Saddil kemudian mengungkapkan alasan dia membela diri usai dihujat netizen Indonesia yang isinya menjelaskan bahwa hujatan-hujatan itu berdampak buruk kepada pemain.

Pemain berusia 24 tahun itu juga menanggapi alasan dirinya bisa bermain bagus di klub sementara di Timnas Indonesia melempem, karena dia merasa lebih diberi kebebasan ketika bersama Sabah FC. Namun, publik yang sudah terlanjur marah tetap menghujatnya.

Klarifikasi Saddil Ramdani

Setelah polemiknya itu membesar, Saddil pun angkat bicara. Ia mengatakan bahwa netizen salah paham dengan apa yang dimaksudkannya.

“Saddil rasa mereka (netizen) salah paham. Maksud Saddil itu cuma ingin meluapkan. Kami yang dipanggil juga punya ego ingin main, ingin bisa bela mati-matian untuk Indonesia, karena siapa pun yang dipanggil ke Timnas Indonesia pasti mereka bangga,” kata Saddil dikutip dari Tribunnews, Rabu (28/6/2023) kemarin.

"Bukan Saddil tidak suka dengan pemain yang lain, kami satu tim harus saling support."

Baca Juga: Diserang usai Tanggapi Komentar Netizen, Saddil Ramdani: Mereka Salah Paham

"Saddil juga mengerti, ini pasti yang dimainkan kebutuhan tim, kebutuhan pelatih dan Saddil tidak mempermasalahkan itu,” terangnya.

Lebih lanjut, Saddil menegaskan dirinya bukan sosok yang antikritik dan bakal menerima masukan asalkan disampaikan dengan baik.

"Saddil bukan orang yang antikritik. Silakan saja, tapi Saddil menyayangkan ada dari mereka yang komentarnya itu isinya hanya makian saja. Itu tidak bagus, hanya kata-kata kasar tidak memberikan solusi seperti apa baiknya,” lanjut Saddil.

“Saddil sebagai pemain merasa itu (cacian) justru yang membuat mental pemain down, jadi sulit berkembang karena mendapatkan hujatan. Jadi kalau bisa kritik tapi yang membangun. Kita ingin bawa Indonesia lebih baik kok,” jelasnya.

Meski begitu, Saddil mengakui, perhatian netizen bola yang saat ini tertuju kepadanya merupakan tanda sayang dari mereka dan dia mengucapkan terima kasih untuk itu.

"Bagaimanapun juga Saddil paham bahwa mereka (warganet) itu sebenarnya sayang dan memperhatikan Saddil, makanya mereka seperti itu ke Saddil," kata dia.

"Saddil ucapkan terima kasih kepada mereka yang ingin Saddil lebih baik dan Timnas Indonesia semakin baik lagi, tapi yang perlu digarisbawahi, saya tahu apa yang harus saya lakukan selama itu masih dalam aturan yang benar. Itu cara Saddil menjaga mental Saddil,” pungkasnya.

Di-blacklist Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia?

Setelah adanya polemik ini, ada kabar bahwa Saddil Ramdani bakal di-blacklist oleh Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia.

Baca Juga: Soal Isu Pertandingan Timnas Indonesia vs Portugal, Begini Klarifikasi PSSI



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x