Kompas TV olahraga sports

Lampaui Target, Indonesia Raih 10 Emas di Ajang Special Olympics World Summer Games Berlin 2023

Kompas.tv - 25 Juni 2023, 21:57 WIB
lampaui-target-indonesia-raih-10-emas-di-ajang-special-olympics-world-summer-games-berlin-2023
Kontingen Indonesia di ajang Special Olympics World Summer Games Berlin 2023 sukses meraup 10 emas, 5 perak dan 8 perunggu. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

BERLIN, KOMPAS.TV - Kontingen Indonesia sukses meraup 10 emas pada ajang Special Olympics World Summer Games Berlin 2023. Raihan tersebut melebihi dari target yang dicanangkan SOIna yakni hanya 9 emas.

Ketua Umum PP SOIna Warsito Ellwein yang mendampingi delegasi semenjak awal hingga akhir event mengucapkan rasa syukur atas prestasi yang didapatkan.

Ia juga menggambarkan, apa yang dicapai Indonesia merupakan hal luar biasa.

“Apa yang paling penting adalah kesempatan kita untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kita selalu kompak, selalu bersama-sama,” ujar dia di Berlin Messe usai menonton final bulu tangkis.

Warsito menambahkan, target meraih 9 emas sebelum berangkat ke Berlin, sempat diragukan oleh banyak orang. Namun akhirnya, target malah terlampaui. 

Hal ini menandakan selain tampil kompak, delegasi Indonesia juga meraih prestasi yang membanggakan bagi tanah air.

"Semula tak ada yang percaya kita akan bisa mencapai target. Memang meraih sembilan medali emas bukanlah usaha yang gampang.''

''Hanya berkat upaya keras dan atas izin Tuhanlah, kita bisa malah melampaui target. Kita telah dapat 10 medali emas. Tak ada yang mustahil," ucapnya.

Baca Juga: Petenis Meja Muhammmad Zidan Arafat Raih Perak di Special Olympics World Games Berlin 2023

Dengan berakhirnya, Special Olympics World Summer Games Berlin 2023, seluruh delegasi direncanakan kembali ke Jakarta pada 28 Juni pagi di Jakarta.

Selain itu, Indonesia juga mendapat tawaran untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang ini 2027 mendatang.

Hari terakhir kiprah delegasi Indonesia di ajang Special Olympics World Summer Games 2023di Berlin berakhir dengan manis. 

Pelari asal Kabupaten Dompu, NTB, Zakaria kembali mempersembahkan emas dengan memenangi nomor 400 meter putera level A.

Zakaria unggul tipis dengan catatan waktu 00:50.84 detik diikuti peraih perak pelari asal Special Olympics Botswana Lefika NTEBO yang mencatat 00:50.92 detik. 

Sedangkan pelari asal Trinidad and Tobago, yang masih berusia 15 tahun Cadel CUFFY mendapat perunggu dengan waktu 00:53.12.

Dengan demikian total perolehan medali bagi delegasi Indonesia di ajang Special Olympics World Summer Games Berlin 2023 adalah 10 emas, 5 perak dan 8 perunggu.  

Baca Juga: Hari Kelima Special Olympics World Summer Games 2023: Indonesia Raih 3 Emas

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x