Kompas TV olahraga sepak bola

Pengamat Sebut Banyak Pemain Timnas Indonesia yang Bermain Bagus saat Lawan Argentina

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 19:44 WIB
pengamat-sebut-banyak-pemain-timnas-indonesia-yang-bermain-bagus-saat-lawan-argentina
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong dan para skuad Timnas Indonesia berkeliling lapangan menyapa penonton seusai laga ujicoba antara Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (Sumber: KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pengamat sepak bola, M Kusnaeni menilai banyak pemain sepak bola Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang bermain bagus saat pertandingan FIFA Match Day melawan Argentina, di Stadion Utama Bung Karno, Senin (19/6/2023) lalu.

Kusnaeni membenarkan bahwa pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong lebih banyak memanggil pemain muda untuk bergabung di timnas.

Menurutnya itu tidak lepas dari visi Tae-yong yang fokus membangun tim berkemampuan stamina cukup.

“Ini memang salah satunya visinya Shin TaeYong, ketika dia membangun tim nasional, dia fokusnya adalah membangun tim yang punya kemampuan dan stamina yang cukup untuk menerapkan konsep permainan dia,” katanya, dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Selasa (20/6/2023).

Makanya, lanjut Kusnaeni, pemain-pemain yang dipanggil adalah mereka yang memiliki fighting spirit, tenaga, serta stamina untuk memainkan sepak bola dengan intensitas tinggi.

Baca Juga: Usai Pertandingan Melawan Argentina, Jokowi Turun Lapangan Salami Pemain Timnas Indonesia

“Itu memang membutuhkan kekuatan stamina yang rata-rata hanya bisa dilakukan oleh pemain yang usianya lumayan muda,” katanya.

“Bukan berarti pemain senior nggak bisa, tapi dengan cara main yang diterapkan Shin Tae Yong memang membutuhkan tenaga yang lebih di atas rata-rata,” imbuhnya.

Ia juga menyebut sejumlah pemain yang patut mendapat kredit poin dari pertandingan tersebut.

Menurutnya, bukan hanya Asnawi Mangkualam saja yang bermain bagus malam tadi.

“Sebetulnya bukan hanya Asnawi. Orang banyak bicara tentang Asnawi bermain luar biasa. Asnawi memang main luar biasa, terutama fighting spiritnya ya.”

“Tapi kalau dari segi kemampuan bermain, semalam ada beberapa pemain yang tidak kalah menonjol,” kata Kusnaeni.

Ia kemudian menyebut nama Elkan Baggott.  Menurutnya, dalam pertandingan itu, banyak agen pemain yang terkesan dengan permainan Baggott.

“Saya pikir banyak agen yang dipertandingan semalam itu terkesan dengan Elkan Baggott,” ucapnya.

“Dia tenang, dia dingin, dan jangan lupa dia masih muda, posturnya di atas 190, itu levelnya sudah bisa main di Eropa dengan karakteristik seperti itu,” ujarnya.

Kusnaeni juga menyebut nama Marselino Ferdinan, yang menurutnya menunjukkan kualitas permainan yang sangat bagus.

Kus, sapaan akrabnya, berpendapat Marselino bermain tenang di lapangan tengah. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x