Kompas TV olahraga sports

Hattrick! Indonesia Jadi Juara Umum ASEAN Para Games Tiga Kali Beruntun

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 18:09 WIB
hattrick-indonesia-jadi-juara-umum-asean-para-games-tiga-kali-beruntun
Perenang Indonesia, Maulana Rifky Yavianda, mencapai finis pada nomor 50 meter gaya dada SB12 pada ASEAN Para Games 2023 Kamboja di Morodok Techo Aquatic Center, Phnom Penh, Kamboja, Senin (5/6/2023). Maulana berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 32,16 detik. (Sumber: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

 

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 yang berlangsung di Phnom Penh, Kamboja.

Dikutip dari laman games.cambodia2023.com, hingga Kamis (8/7/2023) pukul 17.58 WIB, kontingen Merah Putih sudah mengumpulkan 139 emas.

Atas hasil ini, secara kalkulasi, torehan itu tak mungkin lagi dikejar pesaing terdekat yaitu Thailand yang meraih 116 emas. 

Dengan ini, Indonesia jadi juara umum tiga kali beruntun alias hattrick, setelah di Malaysia (2017) dan tahun lalu saat menjadi tuan rumah di Solo.

"Dengan izin Tuhan, alhamdulillah Indonesia resmi menjadi juara umum ASEAN Para Games di Kamboja. Hasil ini untuk masyarakat Indonesia," kata Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun melalui rilis resmi yang diterima oleh Kompas.tv, Kamis.

Baca Juga: Kabar Baik dari ASEAN Para Games 2023: Raih 128 Emas, Indonesia Kunci Posisi Juara Umum di Kamboja

Selain juara umum, lanjut Senny, pihaknya bersyukur secara perolehan medali emas melebihi target yang diberikan pemerintah.

Apalagi Indonesia masih berpeluang menambah sederet medali emas hingga hari terakhir penyelenggaraan ASEAN Para Games 2023 pada Jumat (9/6/2023) besok.

"Terima kasih atas kerja keras atlet, pelatih, official dan semua pihak yang terlibat membawa Indonesia juara umum," jelasnya.

Senny menambahkan, NPC Indonesia terus bekerja keras untuk meraih prestasi serupa, termasuk pada ASEAN Para Games 2025 di Thailand.

"Kita selalu berusaha mempertahankan gelar juara ini. Mudah-mudahan dengan kerja keras kita bisa meraih prestasi lagi di Thailand," tegasnya. 

Baca Juga: Indonesia Ke Semifinal Football Asean Para Games 2023


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x