Kompas TV olahraga sepak bola

Tottenham Tunjuk Ange Postecoglou sebagai Pelatih, Siapa Dia?

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 00:39 WIB
tottenham-tunjuk-ange-postecoglou-sebagai-pelatih-siapa-dia
Pelatih baru Tottenham Hotspur, Ange Postecoglou. Walaupun kurang dikenal, Ange Postecoglou telah menempuh karier kepelatihan sejak 1996. Berikut profil dan pencapaian Ange Postecoglou sebagai pelatih. (Sumber: Twitter Celtic FC)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Tottenham Hotspur resmi mengumumkan Ange Postecoglou sebagai pelatih kepala mulai musim 2023/24. Eks juru taktik Celtic ini bakal mulai melatih Harry Kane dan kawan-kawan mulai 1 Juli 2023.

Spurs mendatangkan Postecoglou dengan kontrak berdurasi empat tahun. Ini merupakan kali pertama Postecoglou melatih klub di liga papan atas Eropa.

Walaupun kurang dikenal, Ange Postecoglou telah menempuh karier kepelatihan sejak 1996. Berikut profil dan pencapaian Ange Postecoglou sebagai pelatih.

Profil Ange Postecoglou

Ange Postecoglou lahir di Athena, Yunani pada 27 Agustus 1965. Ia kemudian beremigrasi ke Australia pada 1970 akibat kudeta militer Yunani.

Postecoglou kemudian berkiprah menjadi pesepak bola di Australia. Ia memulai karier di South Melbourne, lalu pensiun di klub Western Suburbs pada 1994.

Baca Juga: Takluk dari Man City di Final Piala FA, Ten Hag Tetap Puas dengan Performa Manchester United

Postecoglou lalu kembali ke klub awalnya, South Melbourne sebagai pelatih. Pria asal Yunani ini lalu melatih tim Australia U-17 (2000-2005) dan Australia U-20 (2000-2007).

Setelah melatih klub Yunani, Panachaiki, secara singkat, Postecoglou kembali ke Australia untuk melatih Whittlesea Zebras, Brisbane Roar, dan Melbourne Victory. Ia kemudian menjadi pelatih Timnas Australia senior.

Bersama Socceroos, Postecoglou sukses membawa timnas lolos ke Piala Dunia 2014 dan Piala Dunia 2018. Ia juga membawa Timnas Australia juara Piala Asia 2015.

Postecoglou kemudian hijrah ke Jepang untuk melatih Yokohama F Marinos. Bersama Yokohama, Postecoglou memenangkan Liga Jepang pada 2019.

Kiprah Postecoglou mulai dilirik secara luas ketika ia menukangi Celtic pada 2021. Pada musim pertamanya, ia sukses mempersembahkan gelar Liga Skotlandia dan Piala Liga Skotlandia.


Pada 2022/23, sebelum gabung Totenham, Postecoglou juga berhasil membawa Celtic merengkuh treble winner, memenangi Liga Skotlandia, Piala Liga Skotlandia, dan Piala Skotlandia.

"Ange membawa mentalitas positif dan gaya main yang cepat dan menyerang. Dia punya riwayat mengembangkan pemain dan paham pentingnya tautan tim dengan akademi, semua yang penting bagi klub kami," kata CEO Tottenham Hotspur Daniel Levy, Sabtu (6/6/2023).

"Kami antusias menyambut Ange untuk bergabung dengan kami dan mempersiapkan musim depan," lanjutnya.

Baca Juga: Profil Rayyanah Barnawi, Astronot Perempuan Arab Saudi Pertama yang ke Luar Angkasa

 

 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x