Kompas TV olahraga sepak bola

Erick Thohir Sebut FIFA Alokasikan Dana 7,3 Juta Dolar untuk Bangun Infrastruktur Sepak Bola di IKN

Kompas.tv - 5 Juni 2023, 20:14 WIB
erick-thohir-sebut-fifa-alokasikan-dana-7-3-juta-dolar-untuk-bangun-infrastruktur-sepak-bola-di-ikn
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut ada FIFA Match Day yang memang fokus pada peningkatan rangking,tetapi juga ada pertandingan untuk ‘tes nyali’., Senin (5/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut federasi sepak bola dunia (FIFA) mengalokasikan dana USD 7,3 juta untuk pembangunan infrastruktur sepak bola di Ibu Kota Negara (IKN).

Penjelasan itu disampaikan Erick Thohir dalam konferensi pers di Istana Negara, Senin (5/6/2023) tentang rencana FIFA Match Day antara Timnas Indonesia melawan Argentina.

Dalam konferensi pers tersebut, Erick mengaku dirinya sudah bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan memaparkan tentang sejumlah rencana.

“Kita paparkan ke beliau bahwa ini momentum yang tentu kalau kita bicara generasi emas, di setiap negara itu punya, tetapi kalau kita ada generasi emas momentumnya lewat, itu akan lewat lagi 10-15 tahun,” urainya.

Baca Juga: Momen Akrab Ganjar, Erick, Sandiaga, dan Gus Yaqut di Perayaan Waisak

“Inilah kenapa tadi saya sampaikan bahwa PSSI sangat serius, tentu dengan dukungan Bapak Presiden dan Pak Menpora,” tuturnya.

Menurut Erick, ada empat hal yang disampaikan. Pertama, pihaknya akan menerapkan sport sains.

“Satu, kita akan terapkan sport sains, kedua adalah pembangunan infrastruktur yang salah satunya adalah training camp di IKN,” katanya.

“Di mana pemerintah memberikan tanah dan membangun infrastruktur dasar, tetapi juga ada peran dari FIFA yang peduli dengan sepak bola Indonesia,” imbuhnya.

Menurut Erick, FIFA telah megalokasikan dana sebanyak USD 7,3 juta pada pembangunan sarana olahraga tersebut.

“FIFA sudah mengalokasi dana kurang lebih USD 7,3 juta, sehingga ini fasilitas yang luar biasa,” katanya.

“Di sana ada lima lapangan sepak bola, satu lapangan bola pantai, satu lapangan futsal, di situ juga nanti didukung dengan sport sains dan tempat istirahat yang memadai,” ungkapnya.

Hal ketiga, lanjut Erick, adalah bagaimana membangun program yang berkelanjutan.

Baca Juga: Erick Thohir: Stadion Manahan Disiapkan untuk Kualifikasi Piala Asia AFC U-23 2024

“Baik di U16-17 yang kemarin sudah ada seleksinya dan akan dikirim ke Doha, expire utuk 3 bulan, lalu kita persiapkan mereka untuk pelapis U20 dan U22, dan untuk U 20 dan 22 ini tentu kita sudah prioritakan di bawah pelatih Coach Indra (Sjafrie), untuk mencoba di Asian Games untuk apresiasi dan kembali tes nyali," katanya.

“Sebagian dari pemain U20 dan U22 yang belum memiliki klub, tentu akan masuk ke klub Bayangkara sebagai program keberlanjutan untuk tim nasional muda ini,” tambah Erick.

Yang terakhir, kata Erick, dirinya memberanikan diri untuk memaparkan program jangka panjang.

“Tentu PSSI akan mencari uang sendiri juga, tapi alhamdulillah Pak Presiden dan Pak Menpora juga ingin ikut menjadi bagian membangun sepak bola program jangka panjang ini,” kata dia.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x