Kompas TV olahraga sports

APG Kamboja 2023: Jadwal Hari Ini Minggu 4 Juni, Peluang Indonesia Panen Medali Emas Para Atletik

Kompas.tv - 4 Juni 2023, 08:16 WIB
apg-kamboja-2023-jadwal-hari-ini-minggu-4-juni-peluang-indonesia-panen-medali-emas-para-atletik
Tim Para Badminton Indonesia membentangkan bendera Merah Putih ke arah suporter usai merebut emas perdana pada ASEAN Para Games (APG) Kamboja, Sabtu (3/6/2023). (Sumber: NPC Indonesia)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

PHNOM PENH, KOMPAS.TV- Kontingen Indonesia kembali berjuang pada hari kedua ASEAN Para Games (APG) Kamboja 2023, Minggu (4/6/2023).

Peluang besar mendulang medali bisa terwujud hari ini lantaran Tim Merah Putih berpotensi panen sekitar delapan medali emas dari cabor atletik yang memperlombakan 19 nomor.

Dalam siaran persnya, National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Minggu (4/6), menjelaskan, deretan potensi medali emas itu berpotensi datang dari nomor lompat tinggi putra T42/44 yang diikuti Dapiel Bayage. Kemudian Riadi Saputra juga berpeluang meraih prestasi sama dari nomor lempar cakram F55.

Baca Juga: Raih Emas Cabor Badminton Beregu ASEAN Para Games 2023, Hari Susanto: Kita Juara Bertahan sejak 2007

Kemudian Ansyari Sugian Noor dari nomor lempar lembing F40/41, Fauzi Purwolaksono (lempar cakram F57), Alfin Nomleni (lari 1500 meter T20),

Selain itu, Nur Ferry Pradana dan kawan-kawan juga diharapkan meraih medali emas di nomor estafet 4 x 100 meter T42-47.

"Potensi medali emas juga diprediksi datang dari cabor para angkat berat. Andalan Indonesia, Ni Nengah Widiasih akan turun di kelas 45 kilogram putri dan berpeluang meraih emas," tulis NPC Indonesia.

Sejumlah cabor juga mulai mempertandingkan babak awal seperi boccia, goalball, blind judo, renang, voli duduk, basket 5x5, dan sepak bola CP.


Sementara pada hari pertama Sabtu (3/6) kemarin, Indonesia sudah mendapatkan satu medali emas melalui para bulu tangkis di nomor beregu putra usai mengalahkan Malaysia dengan skor 2-1.

Sebelumnya, pada Sabtu malam (3/6), Pembukaan ASEAN Para Games XII Kamboja yang digelar di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, berlangsung meriah dan disuguhi tarian kolosal khas Khmer.

Suasana defile Kontingen Indonesia pada Upacara Pembukaan ASEAN Para Games (APG) 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Sabtu malam (3/6/2023). (Sumber: NPC Indonesia)

Pembukaan APG Kamboja ditandai dengan penyalaan api kaldron yang dibawa atlet tuan rumah Kamboja secara estafet berkeliling di dalam stadion.

Acara tersebut dibuka dengan parade atau defile atlet dari 11 kontingen negara Asia Tenggara sekitar pukul 19.00 WIB. Dilanjutkan iringan Federasi Olahraga DIsabilitas ASEAN (APSF) disertai anthem dari APSF. 

Baca Juga: ASEAN Para Games 2023 Kamboja: Hari Ini, Indonesia Berpeluang Dapat Emas Perdana

Anthem APSF tersebut bejudul The Greatest Love of APSF karya pegiat sosial asal Indonesia bernama Natalia Tjahja yang juga pencipta lagu untuk ASEAN Para Games XII di Solo.

Kontingen Indonesia mendapatkan sambutan meriah saat tampil dengan busana berwarna dominan merah. Skuad Merah Putih yang dipimpin lifter Dwiska Afrilia Maharani disambut meriah publik Kamboja yang memenuhi Morodok Techo Stadium.

Penulis: Gading Persada



Sumber : Kompas TV, NPC Indonesia


BERITA LAINNYA



Close Ads x