Kompas TV olahraga sepak bola

Kualifikasi Piala Asia U23 2024: Terhindar dari Lawan Berat, Bisakah Indonesia Lolos Kali Ini?

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 15:58 WIB
kualifikasi-piala-asia-u23-2024-terhindar-dari-lawan-berat-bisakah-indonesia-lolos-kali-ini
Skuad Timnas U22 Indonesia yang berhasil meraih medali emas SEA Games 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia terhindar dari lawan berat pada babak Kualifikasi Piala Asia U23 2024 Qatar.

Dalam drawing Kualifikasi Piala Asia U23 2024 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (25/5/2023), Garuda Muda tergabung di Grup K bersama Turkmenistan dan China Taipei.

Hasil undian ini patut disyukuri mengingat dalam drawing hari ini, Indonesia yang menjadi tuan rumah, menempati pot 2 dan bisa saja bersaing dengan Jepang atau Australia.

Bermain di Jakarta, Timnas U22 Indonesia harus bisa mengalahkan Turkmenistan dan China Taipei demi lolos untuk pertama kalinya ke putaran final Piala Asia U23.

Sebagai informasi, hanya sebelas juara grup dan empat runner-up terbaik yang berhak mendapatkan tiket untuk berlaga di Qatar tahun depan.

Dalam sejarah keikutsertaan di Piala Asia U23, tim Merah Putih belum pernah lolos ke putaran final sejak turnamen ini digelar pada 2013 silam.

Pada edisi pertama, Indonesia gagal lolos setelah hanya menempati peringkat ketiga di babak kualifikasi yang digelar di Pekanbaru.

Saat itu, Andik Vermansyah dan kawan-kawan kalah bersaing dengan Jepang dan Australia yang lolos sebagai dua tim teratas di Grup E.

Lalu pada Piala Asia U23 2015, Indonesia lagi-lagi gagal lolos meski menjadi tuan rumah di babak kualifikasi.

Berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Evan Dimas dan kawan-kawan saat itu hanya menempati posisi kedua, di bawah Korea Selatan, dan gagal menjadi salah satu runner-up terbaik.

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U23 2024: Indonesia Segrup dengan Turkmenistan dan China Taipei



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x