Kompas TV olahraga sepak bola

Kericuhan Indonesia vs Thailand di SEA Games 2023, Kurniawan DY: Sudah Clear Masalahnya

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 18:58 WIB
kericuhan-indonesia-vs-thailand-di-sea-games-2023-kurniawan-dy-sudah-clear-masalahnya
Kericuhan yang terjadi di bagian bench Indonesia vs Thailand dalam laga final SEA Games 2023, Selasa (16/5/2023) malam. (Sumber: Twitter/@theaseanball)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Asisten pelatih Timnas U22 Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, mengatakan bahwa permasalahan di laga Indonesia vs Thailand pada final sepak bola SEA Games 2023 sudah selesai.

Skuad Garuda Muda asuhan Indra Sjafri berhasil menyabet medali emas usai mengalahkan pasukan Gajah Perang dengan skor 5-2, Selasa (16/5/2023).

Kemenangan itu patut diapresiasi mengingat Indonesia terakhir kali naik podium tertinggi 32 tahun silam pada SEA Games 1991.

Selain itu, dalam pertandingan kemarin, laga juga berlangsung dalam tensi panas, terutama di akhir babak kedua.

Terkait hal itu, Kurniawan DY pun memberikan penjelasannya tentang apa yang sebenarnya terjadi di laga Indonesia vs Thailand tersebut.

"Memang tadi malam itu tensinya tinggi banget, ya. Emosi kita juga sudah meledak-ledak. Apalagi ketika mereka menyamakan kedudukan 2-2, beberapa ofisial dan pemain Thailand melakukan selebrasi di depan bench kita, di mana aturannya tidak boleh," kata Kurniawan dalam program Kompas Petang, Rabu (17/5/2023).

"Terus, ada beberapa dari kita yang coba menghalangi mereka, tetapi malah terjadi baku pukul. Alhamdulillah, hanya kita yang di luar yang ada keributan dan tidak mengganggu fokus konsentrasi para pemain yang ada di dalam."

"Dan itu merupakan kedewasaan yang sangat luar biasa dari pemain-pemain kita," imbuhnya.

Tak hanya sekali, kericuhan yang lebih besar terjadi seusai Irfan Jauhari mencetak gol di babak extra time. Bahkan, ofisial dari kedua tim sempat terlibat baku hantam hingga manajer Timnas Indonesia Kombes Pol Sumardji menderita luka di bagian bibirnya.

"Setelah kita mencetak gol (lewat) Irfan Jauhari, memang ada beberapa ofisial yang mungkin kebawa emosi ya, selebrasi tapi tidak masuk ke area bench mereka, hanya di depan pengawas pertandingan," ujar Kurniawan.

"Dan ternyata, tim dari Thailand terpancing emosi dan melakukan pemukulan ke manajer kita Bapak Sumardji. Itu menjadi agak kaos," tambahnya.

Baca Juga: Menangis dan Peluk Manajer Timnas U22 Indonesia, Ofisial Tim Sepak Bola Thailand: I'm Sorry



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x