Kompas TV olahraga sepak bola

Final Indonesia vs Thailand di SEA Games 2023, Garuda Muda Waspadai Serangan Balik Gajah Putih

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 12:16 WIB
final-indonesia-vs-thailand-di-sea-games-2023-garuda-muda-waspadai-serangan-balik-gajah-putih
Pemain Timnas U22 Indonesia, Muhammad Taufany Muslihudin (kanan), mencoba melewati pesepak bola Vietnam, Cong Den Huynh (kiri), pada pertandingan babak semifinal SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023). Timnas U22 Indonesia lolos ke babak final usai mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2. (Sumber: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia akan bertemu Thailand di final SEA Games untuk kali keempatnya, Selasa (16/5/2023). Garuda Muda berharap untuk mengakhiri penantian panjang selama 32 tahun untuk meraih medali emas di cabang sepak bola.

Pemerhati Sepak Bola Indonesia, Tommy Welly mengatakan bahwa pertandingan ini tidak akan mudah.

"Penantian 32 tahun sejak SEA Games terakhir di tahun 1991, lima kali kita menjadi runner-up. Ini akan menjadi pertandingan yang tricky, dua tim terbaik akan bertemu," ujar Tommy di Sapa Indonesia Siang Kompas TV, Selasa.

Menurut Tommy, pertandingan final ini 60 persen bergantung pada mentalitas dan detil-detil kecil yang bisa dieksekusi di lapangan oleh para punggawa Garuda Muda.

Baca Juga: Link Live Streaming Final Bulu Tangkis SEA Games 2023 Jam 12.00 WIB, All Indonesian Final Tersaji!

"Bagaimana mengelola ketegangan, ambisi, dan situasi yang terjadi di lapangan. Itu yang harus diatasi timnas Indonesia," ungkap Bung Towel, sapaan akrabnya.

Dia berharap bahwa Indonesia akan tetap bermain dengan karakter mereka dan mampu menampilkan kualitas permainan yang baik.

Tommy juga mengingatkan tim Indonesia untuk berhati-hati dengan serangan balik Thailand.

"Thailand memiliki organisasi permainan yang cukup rapi. Faktor mentalitas, percaya diri, tidak ragu-ragu, dan eksekusi di lapangan para pemain akan menentukan," tutur Tommy.

Baca Juga: Link Live Streaming Final Sepak Bola SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand Hari Ini

Tommy juga menyayangkan ketidakhadiran Pratama Arhan di final nanti. Menurutnya pemain Tokyo Verdy tersebut merupakan pemain kunci di sisi kiri pertahanan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x