Kompas TV olahraga sports

Pelatih Vietnam Menantang Duel, Manajer Timnas Pencak Silat Indonesia yang Seorang TNI Pasang Badan

Kompas.tv - 13 Mei 2023, 06:30 WIB
pelatih-vietnam-menantang-duel-manajer-timnas-pencak-silat-indonesia-yang-seorang-tni-pasang-badan
Tangkapan layar video kericuhan saat pelatih silat Vietnam disebut menantang pelatih silat Indonesia berkelahi ketika pertandingan SEA Games 2023 Kamboja. (Sumber: Instagram @kabarnegri.official)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Insiden kericuhan yang menjadi sorotan terjadi pada pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara, SEA Games 2023.

Kali ini insiden terjadi di cabang olahraga (cabor) khas Indonesia yakni pencak silat. Dalam insiden tersebut, pelatih pencak silat Vietnam disebut menantang pelatih Indonesia berkelahi.

Detik-detik pelatih Vietnam yang menantang berkelahi sehingga memicu kericuhan itu diunggah oleh akun Instagram @kabarnegri.official, Jumat (12/5/2023), dan kemudian menjadi viral.

Dilansir dari Tribunnews, insiden itu berawal ketika di tengah berlangsungnya pertandingan, beberapa staf kepelatihan dari atlet Pencak Silat Vietnam maju melabrak dengan nada penuh emosi.

Mereka berteriak seolah-olah menantang pelatih Pencak Silat Indonesia untuk berkelahi.

Sejumlah petugas keamanan pun langsung bergegas menengahi hal itu dengan mendorong ke belakang para penantang agar kericuhan tidak semakin meluas.

Karena kubu Vietnam terus melakukan aksi provokatif, seorang staf kepelatihan Indonesia mulai terpancing dan mulai terjadi adu mulut.

Perseteruan lantas mereda saat sejumlah petugas keamanan berusaha memisahkan kedua kubu.

Baca Juga: Telan Dua Kekalahan, Timnas MLBB Indonesia Putra Dipastikan Tersingkir dari SEA Games 2023

Menurut akun Instagram @InfoKomando.official mengabarkan, sosok yang pasang badan atas aksi agresif kubu Vietnam itu adalah manajer timnas Pencak Silat di SEA Games 2023, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto.

Akun tersebut menuliskan bahwa Wahyu Yuniartoto yang merupakan Asops Kopassus itu "tidak gentar dan siap pasang badan untuk membela harga diri dan kehormatan bangsa Indonesia."

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui apa yang menjadi penyebab sehingga pelatih Vietnam disebut menantang pelatih Indonesia berkelahi.

Pihak-pihak terkait juga belum memberikan pernyataan mengenai insiden tersebut.

Akan tetapi, kericuhan yang terjadi itu kembali menambah kesan buruknya penyelenggaraan SEA Games 2023 Kamboja. 

Baca Juga: Update Perolehan Medali SEA Games 2023: Tambah 7 Emas, Indonesia Masih di Posisi Keempat



Sumber : Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x