Kompas TV olahraga badminton

Piala Sudirman 2023: Tim Bulu Tangkis Indonesia Jalani Latihan Perdana

Kompas.tv - 12 Mei 2023, 21:43 WIB
piala-sudirman-2023-tim-bulu-tangkis-indonesia-jalani-latihan-perdana
Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie berusaha melakukan pengembalian shuttlecock dalam sesi latihan perdana Kejuaraan Piala Sudirman 2023 di Suzhou, China, Jumat. (Sumber: ANTARA/HO-PP PBSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim bulu tangkis Indonesia menggelar latihan perdana jelang tampil di ajang Piala Sudirman 2023, Jumat (11/5/2023).

Latihan perdana tersebut dimanfaatkan para atlet Merah Putih untuk beradaptasi dengan kondisi lapangan di Suzhou Olympic Sports Centre, China, yang menjadi venue Piala Sudirman 2023.

Sebanyak 11 pebulu tangkis putra dan sembilan pebulu tangkis putri berlatih selama 150 menit dengan didampingi pelatih masing-masing.

"Meski durasinya pendek, latihan ini tetap berguna. Pemain bisa beradaptasi dengan arena pertandingan. Latihan ini pun bisa untuk mengembalikan kondisi pemain," kata pelatih tunggal putra Irwansyah dalam keterangan tertulis PP PBSI di Jakarta, dikutip dari Antara.

Dengan durasi tersebut, masing-masing sektor hanya mendapat porsi latihan kurang lebih selama 30 menit. 

Meski tidak terlalu lama, seluruh pemain sangat antusias dan semangat menjalani latihan.

Manajer Tim Armand Darmadji mengungkapkan bahwa latihan hari ini memang dimanfaatkan atlet untuk membaca kondisi lapangan, arah angin, dan lampu. 

Selain itu, juga untuk mengembalikan feeling pukulan usai kemarin pemain menjalani perjalanan panjang dari Jakarta menuju Suzhou.

Baca Juga: Skuad Indonesia di Sudirman Cup 2023: Ada Marcus/Kevin dan Pemain Non-Pelatnas

Dari latihan sektor ganda putra, para pebulu tangkis berlatih gim 3vs3. 

Fajar Alfian, Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Daniel Marthin berlatih melawan Rian Ardianto, Marcus Fernaldi Gideon, dan Leo Rolly Carnando. 

Setelah gim itu, program latihan dilanjutkan dengan dua lawan dua bersama pasangan aslinya masing-masing.

"Latihan ini hanya untuk mengembalikan kebugaran pemain. Otot-ototnya bisa lebih rileks untuk menerima latihan berikutnya. Maklum kemarin kita dari Jakarta sampai Shanghai dan lanjut ke Suzhou hanya duduk di pesawat," jelas pelatih Herry IP.

Sedangkan pada sektor tunggal putra, Jonatan Christie berlatih gim dengan kompatriotnya, Anthony Sinisuka Ginting. Hal serupa dilakukan oleh sektor tunggal putri ketika Gregoria Mariska Tunjung berlatih dengan Putri Kusuma Wardani.

Sementara di ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berlatih menghadapi Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari.

Lalu untuk pasangan ganda campuran dilakukan latihan berformat 2vs4. Pasangan ganda campuran secara bergantian dikeroyok empat lawan sekaligus.

"Saya lihat teman-teman begitu bersemangat berlatih hari ini. Latihan ini memang untuk menjaga kondisi saja. Dalam latihan dan keseharian, kita selalu kompak, termasuk saat latihan ini," kata Fajar Alfian.

Baca Juga: PBSI Rilis Skuad Untuk Piala Sudirman 2023



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x