Kompas TV olahraga sepak bola

Audit Keuangan PSSI, Erick Thohir Tunjuk Ernst & Young

Kompas.tv - 21 April 2023, 21:22 WIB
audit-keuangan-pssi-erick-thohir-tunjuk-ernst-young
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat acara sarasehan bersama Asprov di Jakarta, Minggu (19/3/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Erick Thohir menunjuk firma Ernst & Young untuk melakukan audit forensik terhadap keuangan di PSSI.

Seperti yang diketahui, Erick ingin melakukan audit keuangan di PSSI setelah ia melihat adanya ketidakjelasan manajemen keuangan di tubuh federasi sepak bola Indonesia itu.

Sang Ketua Umum PSSI itu pun langsung bergerak cepat dengan menandatangani kesepakatan dengan firma audit ternama, Ernst & Young untuk penjajakan rencana pelaksanaan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI.

"Bermula dari peristiwa kemarin, ketika ada ketidakkonsistensi dalam pemberian hadiah juara liga, lalu ditengarai ada juga ketidakjelasan dalam manajemen keuangan di PSSI, saya langsung tanda tangan MoU dengan pihak Ernst & Young Indonesia untuk mengadakan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI," kata Erick Thohir dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (21/4/2023). 

"Hal ini dilakukan sebagai bagian utama dalam bersih-bersih, baik PSSI maupun di Liga," imbuhnya.

Baca Juga: Erick Thohir Akan Berikan Bonus PSM Makassar Setelah Lebaran

Sebelumnya, persoalan manajemen keuangan di tubuh PSSI mencuat setelah muncul masalah ketidakkonsistenan pemberian bonus juara liga yang dilakukan operator PT Liga Indonesia Baru (LIB). 

Kesimpangsiuran kerja sama antara LIB dan PSSI, termasuk transfer pembayaran LIB ke PSSI, mendorong Erick harus melakukan langkah tegas berupa pemeriksaan manajemen keuangan.

Diharapkan, dengan adanya audit baik di PSSI dan selanjutnya di PT LIB, keuangan di sepak bola Indonesia bisa terbuka, transparan, dan akuntabel.

"Sudah pasti kita semua, saya, pengurus, dan pecinta sepak bola mau soal keuangan yang krusial ini terbuka. Apalagi sepak bola ini milik rakyat," ujar Erick.

"Kami ini hanya ditugaskan untuk membersihkan. Audit ini diperlukan agar terjadi kejelasan dan perbaikan pada pengelolaan keuangan pada seluruh pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia," tegasnya. 

Baca Juga: Kata Erick Thohir soal Batalnya Proses Naturalisasi Justin Hubner


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x