Kompas TV olahraga sepak bola

Soal Tuan Rumah Piala Dunia U17, PSSI Tunggu Sinyal dari FIFA

Kompas.tv - 11 April 2023, 23:45 WIB
soal-tuan-rumah-piala-dunia-u17-pssi-tunggu-sinyal-dari-fifa
Trofi Piala Dunia U17. FIFA resmi mencopot Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17. (Sumber: FIFA)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI menunggu sinyal dari FIFA terkait pencalonan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengungkapkan, saat ini belum ada pembicaraan lebih lanjut mengenai hal tersebut. 

Namun, PSSI terbuka untuk mengajukan diri apabila FIFA memberi ruang kepada Indonesia untuk jadi tuan rumah Piala Dunia U17.

"Sampai kemarin belum ada pembicaraan ketika Pak Erick (Thohir) bertemu dengan FIFA, dengan Presiden FIFA Pak Gianni (Infantino). Belum ada pembicaraan ke sana," kata Arya saat ditemui di GBK Arena dikutip dari Antara, Selasa (11/4/2023). 

"Jadi kita belum bisa untuk mengajukan apa pun. Apalagi kan kita, karena kita gak bisa menyelenggarakan kan kita nggak terlalu pede-pede (percaya diri) banget juga untuk dikasih atau apa."

"Mungkin nanti kalau FIFA-nya membuka ruang gitu ya misalnya, dan Indonesia pun dikasih ruang oleh FIFA untuk mengajukan seperti kemarin Argentina, ya kenapa tidak? Tapi kita tetap nunggu proses FIFAnya bagaimana," imbuhnya.

Wacana Indonesia agar menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 sempat muncul di publik setelah FIFA membatalkan Peru sebagai negara host atau tuan rumah karena infrastruktur yang belum siap.

Baca Juga: Hanya Diberi Kartu Kuning oleh FIFA, Indonesia Disebut Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U17

Peru menyusul Indonesia yang telah terlebih dahulu dibatalkan oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 yang semestinya berlangsung pada Mei mendatang.

Meski menegaskan bahwa saat ini belum ada komunikasi terkait tuan rumah Piala Dunia U17, Arya menyatakan bahwa Indonesia siap untuk menyelenggarakan ajang dua tahunan tersebut jika ditunjuk FIFA.

Apalagi secara infrastruktur, sejumlah venue di Indonesia sudah lolos verivikasi untuk menggelar turnamen FIFA.

"Kalau kesiapan infrastruktur, kita siap, stadion kita siap. Kemarin panitianya juga siap sebenarnya untuk menyelenggarakan U-20 yang harusnya bulan sekarang ini ya. Bulan Juni kan? Itu saya rasa kalau untuk panitia, untuk infrastruktur, semua sih siap PSSI-nya," terang pria yang juga menjabat sebagai staf khusus Menteri BUMN tersebut.

Sebelumnya, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI lainnya, Endri Erawan, menegaskan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 jika ditunjuk oleh FIFA.

"Kalau diminta (FIFA) kita siap. Stadion kita udah siap semua," kata Endri dikutip dari Antara, Jumat (7/4/2023).

"Stadion siap, dana mungkin dari Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) bisa disiapkan. Tetapi masalahnya kita tidak tahu ditunjuk atau tidak (oleh FIFA)," imbuhnya. 

Baca Juga: Jika Ditunjuk FIFA, PSSI Tegaskan Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U17


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x