Kompas TV olahraga sepak bola

Jika Ditunjuk FIFA, PSSI Tegaskan Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U17

Kompas.tv - 8 April 2023, 05:25 WIB
jika-ditunjuk-fifa-pssi-tegaskan-indonesia-siap-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u17
Trofi Piala Dunia U17. FIFA resmi mencopot Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17. (Sumber: FIFA)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan menegaskan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 jika ditunjuk oleh FIFA.

"Kalau diminta (FIFA) kita siap. Stadion kita udah siap semua," kata Endri dikutip dari Antara, Jumat (7/4/2023).

"Stadion siap, dana mungkin dari Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) bisa disiapkan. Tetapi masalahnya kita tidak tahu ditunjuk atau tidak (oleh FIFA)," imbuhnya.

Endri juga mengungkapkan bahwa tidak ada pembahasan mengenai tuan rumah Piala Dunia U17 saat Ketua Umum PSSI Erick Thohir menemui FIFA.

Ia mengatakan bahwa saat Erick bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Paris, Prancis, belum lama ini hanya membahas soal sanksi terkait pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20.

"Tidak ada sama sekali (pembahasan tuan rumah Piala Dunia U17). Yang paling utama itu kita jangan sampai di-banned," terangnya.

Indonesia baru saja mendapat angin segar setelah FIFA tidak memberikan sanksi berat usai batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 yang dijadwalkan bergulir pada 20 Mei-11 Juni.

Baca Juga: Soal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U17, Indonesia Diminta Fokus Dulu pada Upaya Pencabutan Sanksi FIFA

FIFA memutuskan hanya memberikan sanksi administrasi kepada PSSI, yakni merekomendasikan pembekuan dana bantuan untuk pengembangan sepak bola di Indonesia, FIFA Forward.

FIFA Forward 3.0 adalah kebijakan anyar dari FIFA yang diluncurkan pada Januari 2023, dan akan berlangsung sampai akhir 2026. Kebijakan ini bertujuan untuk menyediakan pendanaan bagi pengembangan sepak bola di negara-negara anggota FIFA.

"Dengan begitu, kita masih bisa ikut kegiatan internasional yang terdekat itu SEA Games Kamboja. Itu yang paling penting," tutur Endri.

Seperti yang diketahui, selain Indonesia yang dicoret sebagai tuan rumah turnamen FIFA, Peru juga mendapat nasib serupa dengan dibatalkan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U17.

Dalam pernyataannnya, FIFA mencoret Peru sebagai tuan rumah dengan alasan negara tersebut belum siap dalam hal infrastruktur.

Tanggal penyelenggaraan Piala Dunia U17 pun tetap dijadwalkan untuk bergulir pada 10 November hingga 2 Desember 2023. 

Baca Juga: Hanya Diberi Kartu Kuning oleh FIFA, Indonesia Disebut Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U17


 

 

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x