Kompas TV olahraga kompas sport

Marshal Lokal Dominasi WSBK Mandalika, MGPA: Pembibitan Tenaga Ahli Motor Balap Indonesia Naik

Kompas.tv - 4 Maret 2023, 15:18 WIB
marshal-lokal-dominasi-wsbk-mandalika-mgpa-pembibitan-tenaga-ahli-motor-balap-indonesia-naik
Mandalika Grand Prix Association (MGPA) saat menggelar latihan untuk ratusan marshal yang akan bertugas dalam balapan World Superbike dan Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika tanggal 19-21 November 2021. (Sumber: Antara)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

LOMBOK, KOMPAS.TV - Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menyebut pada tahun ini, pembibitan dan pembinaan para tenaga ahli di sektor balap Indonesia cenderung meningkat.

Menurutnya, hal ini dikarenakan semakin banyaknya personel lokal mendominasi posisi marshal dan terlibat dalam gelaran balap motor dunia seperti World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

"Di event kali ini, (personel dan marshal) Indonesia lebih banyak, seperti di tahun 2022. Lebih membanggakan lagi, komposisi teman-teman yang sudah berpengalaman di balapan Jakarta, Yogyakarta, itu cenderung turun, sementara yang dari Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, naik," kata Priandhi di Sirkuit Mandalika, Jumat (3/3/2023) dikutip dari Antara,

"Jadi ini pembibitan dan pembinaan terkait technical, kemampuan masing-masing (personel lokal) ini naik," imbuhnya.

Ia bercerita, pada gelaran pertama WSBK dan MotoGP di Mandalika dulu, panitia dan personel didominasi warga asing.

Khusus untuk marshal didominasi tenaga dari Malaysia yang berjumlah banyak.

Baca Juga: MGPA Modifikasi Sirkuit Mandalika usai WSBK Putaran Kedua

Namun pada kesempatan ini, hanya ada satu orang dari Malaysia yang terlibat di WSBK Mandalika 2023.

"Di 2021, itu Malaysia banyak terlibat sebagai marshal. Di 2022 di WSBK turun menjadi 34, dan di sisi technical-nya pada 2021 ada 12-14 orang, di race control ada 7-8 orang. Marshalnya sekarang tinggal satu orang (dari luar negeri) karena dia memiliki superlisensi dari Dorna dan FIM," kata Priandhi.

"Dorna mengakui kemampuan masyarakat dan tenaga ahli Indonesia ini cukup dan sangat baik," tambah dia.

Priandhi mengatakan, pihaknya terus berusaha untuk memberikan kemajuan untuk menunjang kenyamanan para staf, pebalap, tim balap, hingga masyarakat yang menonton langsung.

Pada tahun ini, Sirkuit Mandalika sudah memperbaiki tempat parkir, akses, dan penambahan jumlah bus shuttle yang mempermudah pengunjung untuk berpindah dari satu area ke area lainnya.

"Base parkirnya sudah keras, sehingga tidak ada yang tanah. Jadi kalau hujan, tidak becek. Kemudian penambahan shuttle dari parkir ke pintu masuk sudah bagus, dan kami tambahkan jumlah busnya," ujar Priandhi.

Sebagai informasi, WSBK Mandalika 2023 telah bergulir sejak Jumat (3/3). Ajang yang diikuti 22 pembalap ini akan berlanjut hingga Minggu (5/3).

Baca Juga: Hasil Superpole WSBK Mandalika 2023: Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli Teratas


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x