Kompas TV olahraga sepak bola

Soal Dugaan Pelanggaran FFP, Pep Guardiola Yakin Manchester City Tidak Bersalah

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 22:09 WIB
soal-dugaan-pelanggaran-ffp-pep-guardiola-yakin-manchester-city-tidak-bersalah
Manajer Manchester City, Pep Guardiola, duduk di bangku menjelang laga Liga Inggris putaran ketiga antara Man City dan Chelsea di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Rabu, 9 November 2022. (Sumber: AP Photo/Dave Thompson)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

MANCHESTER, KOMPAS.TV - Bos Manchester City, Pep Guardiola, yakin timnya tidak bersalah dalam dugaan pelanggaran Financial Fair Play (FFP) yang dituduhkan oleh Premier League. 

Seperti diketahui, pada Senin (6/2/2023) lalu, Premier League telah mendakwa Man City dengan 100 lebih pelanggaran aturan keuangan setelah penyelidikan yang dilakukan selama empat tahun, di mana tuduhan-tuduhan tersebut diduga terjadi dari 2009 hingga 2018.

Apabila juara bertahan Premier League itu dinyatakan bersalah atas kasus ini, mereka bisa menghadapi sejumlah sanksi, termasuk kehilangan gelar liga dan pengurangan poin.

Bahkan skorsing dari berkompetisi dalam pertandingan liga hingga potensi dikeluarkan dari kompetisi papan atas Inggris juga dimungkinkan. 

Menanggapi hal tersebut, Guardiola yakin Manchester City tidak bersalah dalam kasus tersebut. 

Ia kemudian membandingkan tudingan Premier League itu dengan kasus melawan UEFA dulu di mana City akhirnya tidak terbukti bersalah. 

"Klub membuktikan bahwa mereka sama sekali tidak bersalah," kata Guardiola, seperti dilansir BBC Sport, Jumat (10/2/2023). 

Baca Juga: Manchester City Kembali Terjerat Masalah FFP, Komentar Jose Mourinho pada 2020 Viral Lagi

“Apa yang terjadi sejak Senin sama dengan apa yang terjadi dengan UEFA. Kami telah dikutuk."

“Anda harus memahami bahwa 19 tim di Liga Premier menuduh kami tanpa kami memiliki kemampuan untuk bertahan."

"Saya sepenuhnya yakin kami tidak bersalah," ungkap pelatih asal Spanyol itu. 

Guardiola sendiri tengah mempersiapkan tim guna menghadapi Aston Villa di laga lanjutan Liga Inggris, Minggu (12/2/2023). 

Manchester City wajib memenangi laga tersebut mengingat di pertandingan sebelumnya, mereka harus takluk dari Tottenham Hotspur dengan skor 1-0.

Apabila berhasil meraih angka penuh, Erling Haaland dkk setidaknya masih bisa menempel Arsenal dalam perburuan gelar Liga Inggris. 

Manchester City saat ini duduk di posisi kedua klasemen dengan poin 45 dari 21 pertandingan, terpaut 5 poin dari Arsenal yang berada di puncak.  

Baca Juga: Erik ten Hag Enggan Komentari Masalah Pelanggaran FFP Manchester City


 



Sumber : Kompas TV, BBC Sport


BERITA LAINNYA



Close Ads x