Kompas TV olahraga sepak bola

Soal Marselino dan Ronaldo, Iwan Bule: Sabar Dulu kalau Mau Bermain di Luar Negeri

Kompas.tv - 9 Februari 2023, 07:19 WIB
soal-marselino-dan-ronaldo-iwan-bule-sabar-dulu-kalau-mau-bermain-di-luar-negeri
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule. (Sumber: PSSI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengingatkan para pemain Timnas U20 untuk sementara menahan hasrat berkarier di luar negara sampai Piala Dunia U-20 2023 selesai. Seruan itu dilontarkan Iriawan menyusul hilangnya kabar Marselino dan Ronaldo yang ternyata sedang berusaha merumput di luar negeri.

"Saya menyampaikan kepada anak-anak untuk sabar dahulu kalau mau bermain di luar negeri. Nanti, dengan mereka tampil baik di Piala Dunia U-20 2023, klub luar negeri akan mengambil mereka. Itu yang saya harapkan," kata pria yang biasa disapa Iwan Bule itu Rabu (8/2/2023) dikutip dari Antara.

Sebagai informasi Marselino Ferdinan sudah mengikat kontrak dengan klub Liga 2 Belgia KMSK Deinze.

Sementara itu, Ronaldo Kwateh sedang berada di Turki untuk menjajaki kemungkinan bermain di sebuah klub di sana.

Hal lain yang disayangkan, Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh tak memberikan kabar kepada PSSI soal keberadaan mereka.

Baca Juga: Dana Subsidi Asprov hingga Kontestan Liga 1 & 2, Caketum PSSI La Nyalla Paparkan Visi-Misi!

Ini yang membuat dua pemain tersebut belum bisa bergabung dalam TC Timnas U20 dalam persiapan menghadapi Piala Dunia U20 2023.


Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan pemainTimnas U-20 Indonesia Marselino Ferdinan seharusnya memberi kabar PSSI saat melangkah dan melanjutkan karier di klub Liga 2 Belgia KMSK Deinze.

Menurutnya meski tidak ada hal yang mengatur itu, Indra Sjafri menyatakan idealnya Marselino memberikan informasi kepada induk sepak bola Indonesia itu.

"Meski tidak ada kewajiban untuk itu, idealnya dia memberi tahu ke PSSI," ujar Indra di Lapangan C Gelora Bung Karno, Jakarta.

Menurut mantan pelatih Timnas itu, informasi dari Marselino penting karena pemain berusia 18 tahun tersebut masih berstatus sebagai pemain Timnas U-20 Indonesia yang jadwalnya sudah diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Namun karena masih berada di Belgia, Marselino pun belum bergabung dengan Timnas U-20 Indonesia yang mulai menjalani pemusatan latihan (TC) persiapan Piala Asia U-20 2023 di Jakarta sejak 1 Februari lalu.

Belum hadirnya Marselino yang merupakan gelandang andalan timnas U-20 membuat pelatih timnas U20 Shin Tae-yong gusar

Hal itu dikarenakan Shin sudah menyiapkan taktik dan program yang menempatkan Marselino sebagai salah satu pemain utama di skuad berjuluk "Garuda Nusantara".

Adapun Indra Sjafri menyayangkan keputusan Marselino untuk berkarier di Belgia sebelum Piala Dunia U-20 2023.

"Menurut saya pribadi, dia seharusnya tampil dulu di Piala Dunia U-20 karena ada ratusan pencari bakat yang memantau turnamen itu. Kalau dia bermain bagus di sana, mungkin pilihan klub di Eropa akan lebih banyak," tutur pelatih yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019 itu.

Baca Juga: Jelang KLB, La Nyalla: Insyaallah Saya akan Menjadi Ketua Umum PSSI



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x