Kompas TV olahraga sepak bola

Bung Towel Berharap PSSI Pertahankan Shin Tae-yong hingga Kontraknya Berakhir

Kompas.tv - 7 Februari 2023, 19:13 WIB
bung-towel-berharap-pssi-pertahankan-shin-tae-yong-hingga-kontraknya-berakhir
Tommy Welly berharap Shin Tae-yong tetap dipertahankan sebagai pelatih Timnas Indonesia hingga setidaknya saat kontraknya berakhir Desember 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat sepak bola Tommy Welly menyarankan agar PSSI tetap mempertahankan Shin Tae-yong setidaknya hingga kontraknya selesai. 

Menurut pria yang akrab disapa Bung Towel itu, dengan kontrak yang akan berakhir pada Desember 2023, lebih baik pelatih asal Korea Selatan itu dipertahankan. 

"Dengan sisa kontrak hanya sampai akhir tahun, lebih baik diselesaikan," kata Tommy dikutip dari Antara, Selasa (7/2/2023). 

Bung Towel menambahkan, Shin Tae-yong memang belum membawa Timnas Indonesia meraih gelar juara. 

Namun, mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu mampu membawa beberapa perubahan positif di Timnas Indonesia dengan membuat prinsip dan filosofi bermain serta mentalitas tim menjadi lebih baik.

Dari sudut peringkat FIFA, STY juga membawa Indonesia ke posisi yang lebih baik dari 179 naik ke 151.

"Namun memang belum juara. Jadi biarlah satu periode kerja Shin tuntas, setelah itu baru dievaluasi oleh pengurus baru PSSI," imbuh Bung Towel. 

Baca Juga: Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh ke Eropa Tak Laporan, Shin Tae-yong Tersinggung

Shin Tae-yong menandatangani kontrak untuk melatih Timnas Indonesia pada Desember 2019 dan berakhir Desember 2023.

Tak hanya untuk tim senior, Shin Tae-yong mendapat tanggung jawab memimpin tim U20 dan tim U23. 

Selama menangani Timnas Indonesia, Shin membawa timnas senior lolos ke Piala Asia 2023 dan timnas U20 melaju ke Piala Asia U20 2023.

Sementara untuk ajang Piala AFF, ia dua kali tidak mampu mempersembahkan gelar juara setelah hanya menjadi finalis pada Piala AFF 2020 dan semifinalis di edisi Piala AFF 2022.

Selain itu, Shin Tae-yong belum tentu bisa memimpin Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023.

Dengan Qatar yang menjadi tuan rumah, AFC berencana menggelar turnamen tersebut pada Januari 2024 meski belum mengumumkan tanggalnya secara resmi. 

Apabila kontraknya yang berakhir Desember 2023 tak diperpanjang, maka bisa saja Timnas Indonesia bukan dipimpin Shin Tae-yong di Piala Asia 2023.

PSSI sendiri telah memastikan Shin Tae-yong akan tetap menjadi juru taktik Timnas Indonesia minimal sampai kontraknya berakhir. 

Tapi masa depan Shin Tae-yong bisa saja berubah karena nasibnya akan ditentukan oleh kepengurusan baru PSSI yang akan dipilih pada Kongres Luar Biasa tanggal 16 Februari 2023. 

Baca Juga: Indra Sjafri Latih Timnas U23 Indonesia di SEA Games, Shin Tae-yong: Tak Masalah



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x