Kompas TV olahraga sepak bola

Hasil Malaysia vs Thailand Piala AFF 1-0: Diwarnai Drama Gol Dianulir, Harimau Malaya Menang Tipis

Kompas.tv - 7 Januari 2023, 22:28 WIB
hasil-malaysia-vs-thailand-piala-aff-1-0-diwarnai-drama-gol-dianulir-harimau-malaya-menang-tipis
Faisal Halim berselebrasi usai mencetak gol dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Malaysia vs Thailand di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (7/1/2023). (Sumber: Twitter FA Malaysia)

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Pertandingan Malaysia vs Thailand dalam leg pertama semifinal Piala AFF di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (7/1/2023), berkesudahan dengan skor 1-0 untuk kemenangan tuan rumah. Skuad Harimau Malaya sejatinya sempat unggul 2-0, tetapi gol kedua dianulir wasit.

Tim tuan rumah sukses memenangkan pertandingan Malaysia vs Thailand berkat gol tunggal Faisal Halim yang dicetak pada menit 11. Kendati Thailand berupaya menyamakan kedudukan, Malaysia sukses mempertahankan keunggulan.

Dalam laga ini, anak asuh Kim Pan-gon turun dengan formasi 4-2-3-1. Keberadaan Darren Lok di pos ujung tombak disokong oleh trio Faisal Halim, Lee Tuck, dan Safawi Rasid.

Sementara itu, skuad besutan Alexandre Polking bertandang ke Kuala Lumpur dengan formasi 4-1-3-2. Pelatih berdarah Brasil-Jerman itu memasang duet Peeradol Chamratsamee dan Teerasil Dangda di lini serang.

Pada awal laga, Thailand yang lebih difavoritkan dikejutkan dengan gol cepat Malaysia. Kombinasi serangan Malaysia dari sayap sukses mengejutkan Thailand.

Baca Juga: Soal Kans Indonesia Lolos Final Piala AFF, Pengamat: Saya Tidak Terlalu Optimistis

Berawal dari umpan silang Sharul Nazeem, Ruventhiran Vengadesan menanduk bola ke arah Faisal Halim. Gelandang Malaysia ini pun sukses menceploskan bola kiriman Vengadesan ke gawang Thailand. Skor 1-0.

Ketinggalan satu gol membuat Thailand berupaya lebih giat menekan Malaysia. Pada menit 39, Thailand sempat mengancam melalui sundulan Pansa Hemviboon, tetapi bola masih melayang di atas mistar.

Pada babak kedua, Malaysia sukses menggandakan keungulan melalui aksi Dominic Tan. Namun, setelah ditinjau wasit, pelanggaran terjadi dalam proses gol sehingga gol Tan dianulir.

Thailand tampil dominan sepanjang sisa laga, berkali-kali menggedor pertahanan Malaysia. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan, Gajah Putih gagal mencetak gol.

Kemenangan ini menjadi modal berharga skuad Harimau Malaya sebelum ganti bertandang ke Bangkok pada Selasa (10/1/2023) besok. Pemenang antara Malaysia vs Thailand akan menghadapi pemenang antara Indonesia vs Vietnam di partai final Piala AFF 2022 pada 13 dan 16 Januari mendatang.

Baca Juga: Kapten Timnas Indonesia Masih Optimistis Garuda Lolos ke Final PIala AFF 2022

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x