Kompas TV olahraga sepak bola

Prediksi Indonesia vs Vietnam; Rekor Head to Head di Piala AFF dan Prakiraan Line Up

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 07:30 WIB
prediksi-indonesia-vs-vietnam-rekor-head-to-head-di-piala-aff-dan-prakiraan-line-up
Klasemen Piala AFF 2022 dan skenario Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Laga semifinal leg pertama Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Vietnam diprediksi berjalan sengit sejak menit awal. 

Duel Indonesia vs Vietnam ini rencananya akan bertempat di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB. 

Skuad Garuda punya rekor bagus melawan Vietnam di ajang Piala AFF. Melansir 11v11Indonesia sudah berjumpa Vietnam sebanyak 10 kali. 

Dari total duel tersebut, Indonesia mampu 3 kali mengalahkan The Golden Star Warriors, 6 kali bermain imbang, serta baru satu kali kalah. 

Baca Juga: Piala AFF 2022: Jadwal Kick-off Indonesia vs Vietnam Diubah, Park Hang-seo Tak Senang

Satu-satunya kemenangan Vietnam atas Indonesia di Piala AFF terjadi pada tahun 1996. Kala itu, Indonesia kalah dengan skor 2-3 dari Vietnam dalam laga perebutan juara 3. 

Meskipun memilki catatan yang bagus melawan Vietnam di Piala AFF, Indonesia tidak bisa menganggap enteng sang rival. Vietnam sendiri merupakan tim dengan ranking FIFA terbaik di kawasan Asia Tenggara. 

Selain itu, semenjak era kepelatihan Shin Tae-yong, Indonesia juga belum pernah mengalahkan Vietnam. Rinciannya, Garuda kalah 0-4 di Kualifikasi Piala Dunia 2022, 0-3 di SEA Games 2021, dan imbang di fase grup Piala AFF 2020. 

Kekuatan Vietnam juga diakui oleh gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan. 

Pemain berusia 18 tahun itu masih ingat betapa kuatnya Vietnam kala membela Indonesia di SEA Games 2021. 

"Di SEA Games waktu itu pertandingan pertama (fase grup) lawan Vietnam. Itu sangat susah, apalagi di markas mereka," kata Marselino dalam konferensi pers di Media Centre Stadion GBK, Jakarta, Kamis (5/1), dikutip dari Tribunnews.

Baca Juga: Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022, Polri Terjunkan 3.500 Personel dan Kendaraan Lapis Baja



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x