Kompas TV olahraga sapa qatar

Sergio Busquets Pensiun dari Timnas Spanyol, Skuad Era Keemasan La Furia Roja Disebut Berakhir

Kompas.tv - 17 Desember 2022, 00:33 WIB
sergio-busquets-pensiun-dari-timnas-spanyol-skuad-era-keemasan-la-furia-roja-disebut-berakhir
Reaksi Sergio Busquets dari Spanyol setelah gagal mengeksekusi penalti dalam adu penalti selama pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Maroko dan Spanyol, di Stadion Education City di Al Rayyan, Qatar, Selasa, 6 Desember 2022. (Sumber: AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

BARCELONA, KOMPAS.TV - Sergio Busquets, yang telah menjadi andalan di lini tengah Timnas Spanyol selama lebih dari satu dekade, mengumumkan pensiun dari sepak bola internasional.

Busquets yang berhasil membawa La Furia Roja menjadi juara Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 memutuskan untuk berhenti dalam tugas membela negara. Total, pemain Barcelona itu sudah mencatatkan 143 caps atau jumlah penampilan untuk Timnas Spanyol. 

Catatan tersebut hanya kalah dari dua legenda Spanyol lainnya, yaitu Sergio Ramos yang punya 180 penampilan dan Iker Casillas dengan 167 caps

"Merupakan suatu kehormatan untuk mewakili negara saya di level tertinggi, untuk menjadi juara dunia dan Eropa, menjadi kapten dan memainkan begitu banyak pertandingan, dengan kesuksesan yang besar atau kecil tetapi selalu memberikan segalanya," kata Busquets dalam sebuah unggahannya di Instagram.

Pada Piala Dunia 2022, Busquets menjadi kapten Spanyol selama turnamen di Qatar. 

Namun, ia gagal membawa tim yang saat itu dilatih Luis Enrique untuk melaju jauh usai disingkirkan Maroko pada babak 16 besar melalui drama adu penalti.

Busquets sendiri menjadi salah satu dari tiga pemain Spanyol yang gagal mengeksekusi penalti melawan Maroko tersebut. 

Dengan pensiunnya Busquets, hal ini sekaligus menandai berakhirnya skuad era keemasan Spanyol.

Baca Juga: Timnas Spanyol Gagal di Piala Dunia 2022, Luis Enrique Mundur dari Posisi Pelatih

Sebelum memutuskan pensiun, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu adalah satu-satunya pemain yang tersisa dari skuad Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x