Kompas TV olahraga sapa qatar

Legenda Hidup Sepak Bola Iran dan Asia Ini Ogah Datang Piala Dunia Qatar 2022

Kompas.tv - 17 November 2022, 06:28 WIB
legenda-hidup-sepak-bola-iran-dan-asia-ini-ogah-datang-piala-dunia-qatar-2022
Sosok legenda hidup Asi dari Iran yang menolak hadir di Piala Dunia Qatar 2022 (Sumber: AFP)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Legenda hidup sepak bola Asia dari Iran, Ali Daei, ternyata ogah datang ke Piala Dunia Qatar 2022 yang bakal digelar beberapa hari ke depan. Padahal, ia dapat undangan resmi dari Qatar. 

Ali Daei menampik undangan dari Qatar itu lantaran sebagai bentuk solidaritas warga Iran. Khususnya warga Iran yang ikut protes anti pemerintah di negaranya. 

Dibanding Piala Dunia Qatar, kata dia, ia memilih untuk bersimpati kepada para keluarga korban gerakan protes di Iran. 

"Saya menolak undangan resmi FIFA dan Federasi Sepak Bola Qatar untuk menghadiri Piala Dunia bersama istri dan putri,” tulis Ali Daei di Instagram.

 “Saya lebih suka berada di Iran dan bersimpati kepada semua keluarga yang kehilangan orang yang dicintai selama ini,” tambahnya.

Dikenal sebagai legenda sepak bola, Ali Daei ternyata adalah pendukung vokal protes nasional di seluruh Iran, yang pecah karena memprotes kematian Mahsa Amini, beberapa waktu lalu. 

Legenda hidup sepak bola Belanda, Clarence Seedorf, pun mengomentari postingan tersebut. 

"Kamu memang sebenar-benarnya pemimpin spiritual bagi negaramu, Kawanku," papar eks pemain AC Milan tersebut komentari keputusan Ali Daei. 


Baca Juga: Kala Presiden FIFA Ikut Serukan Perdamaian Rusia-Ukraina, Minta Gencatan Senjata Selama Piala Dunia

Kenyang di Eropa, Pemegang Rekor Dunia

Ali  sendiri merupakan salah satu tokoh olah raga paling terkenal di negaranya dan di Asia. Ia juga kenyang bermain sepak bola di Eropa. 

Apalagi, ia adalah pemegang pencetak gol terbanyak untuk timnas sebuah negara dalam sejarah FIFA, sebelum akhirnya rekor itu dipecahkan oleh Cristiano Ronaldo

Ali Daei telah mencetak 109 gol dari 149 penampilan sejak melakukan debutnya bagi timnas Iran pada 1993. 

Ali Daei menghabiskan lima tahun berkarier di Liga Jerman bersama Arminia Bielefeld, Bayern Munich, dan Hertha BSC. Dirinya mengumpulkan 19 gol dan enam assist dari 107 penampilan di Liga Jerman.  

Legenda timnas Iran tersebut sempat memegang rekor pencetak gol internasional terbanyak di dunia sebelum dipecahkan oleh Cristiano Ronaldo pada laga kontra Irlandia, September 2021 lalu.

Timnas Iran akan bersaing di Grup B bersama Amerika Serikat, Inggris, dan Wales. Skuad asuhan Carlos Queiroz tersebut tiba di Qatar pada Senin (14/11/2022) dan mulai berlatih pada Selasa pagi (15/11/2022)

 Pertandingan perdana Timnas Iran adalah saat menghadapi Inggris di Stadion International Khalifa, Ar-Rayyan, pada Senin (21/11/2022) pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Christian Pulisic Ingin Mengubah Pandangan Dunia terhadap Sepak Bola AS

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x