Kompas TV olahraga sepak bola

Ingin Nonton Piala Dunia 2022 secara Langsung? Ini Panduan Resmi yang Dirilis Pemerintah Qatar

Kompas.tv - 6 November 2022, 20:31 WIB
ingin-nonton-piala-dunia-2022-secara-langsung-ini-panduan-resmi-yang-dirilis-pemerintah-qatar
Ilustrasi. Sebuah instalasi yang dipasang menyambut gelaran Piala Dunia 2022 di Doha Exhibition and Convention Center, Doha, Qatar. Foto diambil pada 31 Maret 2022. Pemerintah Qatar telah merilis seperangkat panduan bagi para pelancong yang ingin pergi ke negara itu untuk menikmati euforia Piala Dunia. Berikut panduannya. (Sumber: Darko Bandic/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Qatar telah merilis seperangkat panduan bagi para pelancong yang ingin pergi ke negara itu untuk menikmati euforia Piala Dunia 2022. Dilansir Doha News, Kamis (3/11/2022), terdapat sejumlah informasi penting bagi calon pelancong Piala Dunia dalam panduan ini.

Piala Dunia Qatar 2022 sendiri akan dimulai pada 20 November mendatang. Sedangkan babak final sedianya akan digelar pada 18 Desember 2022.

Berikut apa-apa yang perlu diketahui sebelum bertolak ke Qatar menikmati euforia Piala Dunia 2022.

Perencanaan perjalanan

Bagi calon pelancong, pemerintah Qatar sudah tidak mewajibkan tes rapid antigen atau PCR jelang kehadiran di Doha. Kebijakan ini berlaku bagi setiap pengunjung, baik yang sudah divaksinasi ataupun belum.


Baca Juga: Juergen Klopp Geram dengan Piala Dunia Qatar: Banyak Orang Cari Duit untuk Alasan Keliru

Tapi tes Covid-19 diwajibkan dalam kurun 24 jam ketika pengunjung sudah menginjakkan kaki di Qatar. Tes ini bisa dilakukan di fasilitas kesehatan mana pun di negara itu.

Apabila hasil tes menunjukkan positif Covid-19, pengunjung mesti melakukan isolasi mandiri seturut regulasi setempat. Jika tidak, pengunjung bebas bepergian.

Pemerintah Qatar pun memudahkan pengunjung dengan menghilangkan kewajiban pra-registrasi aplikasi kesehatan negara itu, Ehteraz. Namun, aplikasi ini tetap wajib ada jika pengunjung hendak mengakses fasilitas kesehatan di negara Teluk Arab ini.

Mengenai kesehatan pengunjung, bagi pemegang kartu Hayya, akan mendapat perawatan gratis di rumah sakit Hamad Medical Center jika mengalami kondisi darurat medis.

Sementara itu, tentang asuransi, meskipun tidak diwajibkan, pemerintah Qatar menyarankan pengunjung untuk tetap mendaftar asuransi untuk menanggulangi keadaan darurat.

Aturan bagi pengunjung tanpa tiket pertandingan

Pengunjung yang ingin menikmati euforia Piala Dunia tanpa menonton langsung pertandingan, bisa memasuki Qatar mulai 2 Desember 2022 atau seusai babak penyisihan grup. Pengunjung pun tetap diwajibkan melakukan registrasi di platform Hayya.

Kementerian Dalam Negeri Qatar pun mengumumkan bahwa pelancong yang memasuki Qatar sebelum 1 November bisa mengubah visanya menjadi visa fan Piala Dunia. Visa ini valid hingga 23 Januari 2023.

Sederet pesta di luar stadion

Pemerintah Qatar juga menggelar serangkaian acara perayaan selama gelaran Piala Dunia 2022. Selain pertandingan-pertandingan menarik yang akan berlangsung, penyelenggara juga menggelar 90 acara khusus selama turnamen.

Penyelenggara juga membuat pusa-pusat fan yang akan dipenuhi outlet makanan, aktivitas kultural, serta berbagai penampilan. Salah satu pusat keramaian di turnamen nanti adalah Doha Corniche yang bisa memuat 70.000 penggemar setiap hari.

Selain itu, penyelenggara juga membuat berbagai wahana hiburan dan atraksi di pusat-pusat fan seperti Al-Maha Island Lusail, 974 Beach Club, Hayya Fan Zone, North Qetaifan Island, dan Arcadia Spectacular.

Penyelenggara pun akan menggelar festival musik dansa ARAVIA by MDL dan The Last-Mile Cultural Activations yang diisi lebih dari 6.000 penampil di 21 lokasi.

Euforia Piala Dunia Qatar secara resmi baru akan dimulai pada 20 November 2022 petang waktu setempat. Piala Dunia pertama di Timur Tengah ini akan dibuka dengan partai Qatar vs Ekuador di Stadion Al-Bayt.

Baca Juga: Catat! Penggemar Piala Dunia yang Tak Punya Tiket Bisa Masuk Qatar Setelah Babak Penyisihan Grup



Sumber : Doha News


BERITA LAINNYA



Close Ads x