Kompas TV olahraga sepak bola

Sebelum KLB, PSSI Gelar Kongres Biasa untuk Membentuk Komite Pemilihan

Kompas.tv - 30 Oktober 2022, 19:08 WIB
sebelum-klb-pssi-gelar-kongres-biasa-untuk-membentuk-komite-pemilihan
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule, mengucapkan terima kasih kepada Presiden FIFA Gianni Infantino atas perhatiannya terhadap sepak bola di Indonesia. (Sumber: PSSI.org)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI menjelaskan bahwa sebelum digelar Kongres Luar Biasa (KLB), mereka akan bersurat kepada FIFA mengenai pelaksanaan Kongres Biasa yang bertujuan memilih Komite Pemilihan. 

Menurut anggota Komite Eksekutif atau Exco PSSI Hasani Abdulgani, Komite Pemilihan inilah yang nantinya bakal menyelenggarakan Kongres Luar Biasa dengan agenda memilih pengurus baru. 

"Jadi begini, kongres yang akan kita usulkan ini adalah pembentukan Komite Pemilihan lalu Komite Banding Pemilihan. Setelah terbentuk Komite Pemilihan, baru mereka mengadakan Kongres Luar Biasa untuk memilih pengurus baru yaitu Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan para Exco," terang Hasani dalam program Kompas Petang KOMPAS TV, Minggu (30/10/2022). 

Meski begitu, hingga saat ini PSSI belum merilis agenda-agenda apa saja yang bakal dilangsungkan, kepada para pemangku kepentingan atau stakeholder sepak bola dan anggota mereka. 

Hal inilah yang kemudian dipertanyakan Koordinator Save Our Soccer Akmal Marhali yang mengatakan Komite Eksekutif PSSI harus segera menetapkan agenda KLB. 

"Setelah Komite Eksekutif meminta Kongres Luar Biasa maka harus segera Komite Eksekutif menetapkan agenda KLB, tempat dan juga waktunya agar bisa dipahami oleh seluruh pemilik suara atau anggota PSSI," kata Akmal.


Baca Juga: PSSI Mengaku Sudah Rencanakan Gelar KLB sebelum Didesak Persis Solo dan Persebaya

Mengenai hal itu, Hasani menyatakan PSSI tidak bisa serta-merta menentukan agenda KLB karena harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan induk mereka yaitu FIFA. 

Hasani kemudian menerangkan tahapan apa saja yang akan dilalui sebelum Kongres Luar Biasa seperti menggelar Kongres Biasa untuk memilih Komite Pemilihan. 

Komite Pemilihan inilah yang nantinya akan menetapkan agenda KLB hingga kapan dan di mana dilaksanakannya. 

"Apa yang dikatakan saudara Akmal mungkin dari versi dia betul tapi organisasi PSSI itu punya induk yang namanya FIFA," tutur Hasani. 

"Jadi kami berjanji dari hasil pertemuan kita malam itu, hari Senin besok kita akan kirim surat ke FIFA untuk menyatakan kami atas permintaan dari anggota dan para Exco akan mengadakan Kongres Biasa, bukan Kongres Luar Biasa, untuk memilih Komite Pemilihan," jelasnya. 

"Di mana Komite Pemilihan ini akan membuat agenda, tanggal dan lain-lain untuk namanya Kongres Luar Biasa," ujar Hasani.  

Baca Juga: PSSI Mengaku Sudah Rencanakan Gelar KLB sebelum Didesak Persis Solo dan Persebaya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x