Kompas TV olahraga sepak bola

Bakal Percepat KLB, Iwan Bule Minta PT LIB Segera Gelar RUPS

Kompas.tv - 29 Oktober 2022, 13:16 WIB
bakal-percepat-klb-iwan-bule-minta-pt-lib-segera-gelar-rups
Foto arsip. Ketum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule diperiksa di Mapolda Jatim hari ini, Kamis (20/10/2022). Iwan Bule meminta operator kompetisi PT LIB segera menggelar RUPS. (Sumber: Surya Malang/Luhur Pambudi)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) dapat segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Lebih lanjut, Mochamad Iriawan mendesak agar LIB juga segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Adapun RUPS dimaksudkan untuk menentukan nasib sang Direktur Utama yakni Akhmad Hadian Lukita yang saat ini menjadi salah satu tersangka Tragedi Kanjuruhan dan sudah ditahan bersama lima tersangka lainnya.

"Selain itu rapat Exco juga meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)," ucap Iwan Bule dikutip dari laman resmi PSSI.

"Sesuai proses hukum yang dialami Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita," tuturnya.

Seperti diketahui, PSSI melangsungkan Exco Emergency Meeting pada Jumat (28/10/2022) kemarin dan memutuskan untuk mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB).

Baca Juga: PSSI Bakal Ngadu ke FIFA soal Percepat KLB, Iwan Bule: Biar Liga 1 Kembali Diputar

Hal ini sejalan dengan rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan yang meminta PSSI menggelar KLB guna melakukan perombakan organisasi.

Bahkan TGIPF menyarankan agar Iwan Bule mundur dari posisi sebagai Ketua Umum PSSI. Termasuk juga seluruh Exco mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban atas Tragedi Kanjuruhan.

"Sesuai bunyi pasal 34 ayat 2 statuta PSSI tentang kongres luar biasa, seharusnya sekurang-kurangnya 2/3 dari delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis," bunyi pernyataan resmi Mochamad Iriawan, dilansir dari laman PSSI, Sabtu (29/10).

"Maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan Kongres Luar Biasa dalam jangka waktu selambatnya 3 bulan setelah proses verifikasi selesai."


 

"Namun Exco PSSI memutuskan untuk mempercepat Kongres Luar Biasa pemilihan dengan memperhatikan surat yan dikirim oleh dua anggotanya."

"Dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan karena Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi (voters) yang mewakili anggota PSSI."

"Tahapan kongres luar biasa akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulah kongres."

"Surat pemberitahuan kepada tersebut akan kami sebar luaskan kepada rekan-rekan media pada hari Senin, 31 Oktober 2022," ujarnya.

Baca Juga: Anggota Exso PSSI: KLB Tidak akan Berdampak ke Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia




Sumber : Kompas TV, pssi.or.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x