Kompas TV olahraga sepak bola

Cetak 17 Gol dari 11 Pertandingan, Liga Inggris Terlalu Mudah untuk Erling Haaland?

Kompas.tv - 23 Oktober 2022, 04:35 WIB
cetak-17-gol-dari-11-pertandingan-liga-inggris-terlalu-mudah-untuk-erling-haaland
Ilustrasi. Ekspresi Erling Haaland usai mencetak hat-trick dalam partai Liga Inggris antara Manchester City vs Manchester United, 2 Oktober 2022. Rata-rata gol per pertandingan Erling Haaland di Liga Inggris musim ini lebih baik ketimbang saat ia merumput di Bundesliga Jerman dan Austria. (Sumber: Rui Vieira/Associated Press)

MANCHESTER, KOMPAS.TV - Erling Braut Haaland kembali menorehkan penampilan fenomenal dalam partai lanjutan Liga Inggris 2022/23. Pada Sabtu (22/10/2022), di Stadion Etihad, Haaland mencetak dua gol untuk membantu Manchester City mengalahkan Brighton dengan skor 3-1.

Torehan dwigol ke gawang Brighton membuat Haaland telah mencetak 17 gol dari 11 pertandingan Liga Inggris musim ini. Walau baru bermain 11 kali, penyerang asal Norwegia ini hanya berjarak lima gol dari total pundi-pundi top skor Liga Inggris musim lalu, yakni Mohamed Salah dan Son Heung-min, masing-masing cetak 23 gol.

Statistik luar biasa Haaland musim ini pun menjadi yang terbaik sejak ia hijrah dari kampung halaman pada Januari 2019 silam. Haaland tampil lebih trengginas saat musim debutnya di Man City daripada di Bundesliga Jerman atau Bundesliga Austria.

Baca Juga: Hasil Manchester City vs Brighton: Erling Haaland Cetak Brace, The Cityzens Menang 3-1

Musim ini, jika dirata-rata, Haaland mencetak satu gol per 54 menit bermain. Ia pun jauh meninggalkan para pesaingnya di daftar top skor. 

Pesaing terdekat Haaland di daftar top skor sementara Liga Inggris, Harry Kane, baru mengantongi sembilan gol. Setelahnya Ivan Toney dan Aleksandar Mitrovic dengan delapan gol.

Capaian tersebut lebih fenomenal dibanding kiprah awalnya bersama Borussia Dortmund pada 2020/21 silam. Waktu itu, datang pada pertengahan musim, Haaland mencetak 13 gol dari 15 pertandingan.

Apabila dirata-rata, Haaland mencetak satu gol per 82 menit ketika musim pertamanya membela Dortmund.

Sementara itu, saat pindah ke RB Salzburg dari Molde pada awal 2019 lalu, Haaland jarang ditampilkan di setengah musim pertamanya. Namun, memasuki musim 2019/20, Haaland menjadi andalan Salzburg.

Dari 14 pertandingan Bundesliga Austria 2019/20, Haaland sukses mencetak 16 gol. Rata-rata, ia mencetak satu gol per 61 menit.

Penampilan fenomenal Haaland di Liga Inggris membuatnya difavoritkan untuk memecahkan rekor top skor. Pandit Liga Inggris sekaligus eks Newcastle United, Alan Shearer, menyatakan putra Alf-Inge Haaland itu bisa mencetak 40-50 gol di Liga Inggris musim ini.

Baca Juga: Pep Guardiola: Tidak Ada yang Menandingi Erling Haaland



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x