Kompas TV olahraga sepak bola

Eks Bintang Celtic dan Timnas Jepang Shunsuke Nakamura Pensiun di Usia 44 Tahun

Kompas.tv - 19 Oktober 2022, 02:05 WIB
eks-bintang-celtic-dan-timnas-jepang-shunsuke-nakamura-pensiun-di-usia-44-tahun
Shunsuke Nakamura saat berseragam Yokohama FC. (Sumber: Instagram @yokohamafc_official)
Penulis : Christandi Dimas | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOKOHAMA, KOMPAS.TV - Eks bintang Celtic sekaligus Timnas Jepang, Shunsuke Nakamura, menyatakan akan pensiun dari sepak bola profesional akhir musim ini. Dia akan pensiun pada usia 44 tahun.

Hal itu diumumkan secara resmi oleh klub terakhirnya, Yokohama FC, yang mana Nakamura secara total hanya bermain sebanyak 45 menit musim ini.

"Saya membuat keputusan untuk pensiun setelah musim ini. Sudah 40 tahun sejak saya mulai menendang bola di taman kanak-kanak," ujar Shunsuke Nakamura yeng dikutip Transfermarkt, Selasa (18/10/2022).

"Awalnya, saya mulai bermain sepak bola karena saya menikmatinya. Kemudian sepak bola menjadi profesi saya, dan saya bisa menghabiskan 26 tahun sebagai pemain profesional."

"Dalam karier panjang saya, saya telah mengalami banyak perjuangan dan kemunduran, tetapi selalu ada seseorang yang mendukung saya dan mendorong saya untuk maju," ungkap Nakamura.

Baca Juga: Gaji Pemain MLS 2022: Lorenzo Insigne Paling Tinggi, Gareth Bale Gak Masuk 10 Besar

Selama kariernya, Shunsuke Nakamura sudah memainkan total 747 laga (145 bersama Celtic) dalam empat dekade berbeda, mencetak 131 gol, dan memberikan 113 assist.

Gelandang serang asal Jepang itu menghabiskan lebih dari tujuh tahun di Eropa, tampil untuk Celtic, Reggina, dan Espanyol, serta berterima kasih kepada banyak orang atas dukungan mereka selama bertahun-tahun.

"Rekan satu tim yang telah berjuang bersama saya, para manajer dan pelatih yang telah menasihati saya, para dokter yang telah merawat dan merawat cedera saya, orang-orang yang telah terlibat dalam klub, dan orang-orang yang selalu mendukung saya. Terima kasih untuk semua fans dan pendukung," pungkas Nakamura.

Baca Juga: Kiper Arsenal Aaron Ramsdale Punya Target Mengejutkan: Liga Finis ke-5 Cukup, asal Juara Liga Europa



Sumber : Transfermarkt


BERITA LAINNYA



Close Ads x