Kompas TV olahraga sepak bola

Lima Momen Tak Terlupakan di Piala Dunia: Gordon Banks, Diego Maradona hingga Zinedine Zidane

Kompas.tv - 8 September 2022, 06:30 WIB
lima-momen-tak-terlupakan-di-piala-dunia-gordon-banks-diego-maradona-hingga-zinedine-zidane
Momen tak terlupakan di Piala Dunia: tandukan Zinedine Zidane ke dada Marco Materazzi. (Sumber: Twitter @Football__Tweet)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ajang sepak bola terbesar di planet Bumi, Piala Dunia 2022 Qatar, akan digelar dalam 73 hari mendatang. Tahun ini, pesta olahraga tersebut diyakini bakal menyajikan banyak drama dan kejutan.

Karya dan aksi dari para seniman rumput hijau pun bakal sangat dinantikan oleh penikmat sepak bola di seluruh dunia.

Sejak digelar pertama kali pada tahun 1930, Piala Dunia di tiap edisinya selalu punya cerita tersendiri.

Momen-momen nadir juga banyak tercipta, yang sulit dialpakan meski telah terjadi berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Berikut Lima Momen Tak Terlupakan di Piala Dunia

Penyelamatan Luar Biasa Gordon Banks (Piala Dunia 1970)

Sebagai salah satu kiper terbaik di generasinya, Gordon Banks telah mengukir namanya ke dalam sejarah Piala Dunia dengan penampilan luar biasa melawan Brasil di babak penyisihan grup Piala Dunia 1970.

Penjaga gawang Inggris itu melakukan sebuah aksi yang dengan tepat digambarkan sebagai 'penyelamatan abad ini'.

Baca Juga: Kisah Tragis Moacir Barbosa, Kalah di Piala Dunia 1950, Dicap Kambing Hitam Brasil Seumur Hidup

Hanya 10 menit memasuki pertandingan, Brasil mengancam sisi kiri pertahanan Inggris. Umpan lambung silang kemudian dilepaskan dan bola mampu ditanduk oleh Pele.

Dengan arah bola yang memantul tanah terlebih dahulu, tampaknya sulit bagi Banks untuk menghalau sundulan legenda Brasil itu.

Tetapi entah bagaimana, dia mampu menghalau bola melewati garis gawangnya dengan tangannya. Bola tersebut tak jadi masuk ke gawang dan berhasil ditepis oleh Banks ke atas mistar. 

Setelah penyelamatan luar biasa itu, Banks pun mendapat apresiasi dari rekan-rekannya karena mampu menyelamatkan gawang dari kebobolan.

'Tangan Tuhan' Diego Maradona (Piala Dunia 1986)

Legenda Argentina Diego Maradona mungkin telah menghancurkan Inggris di perempat final Piala Dunia 1986 dengan salah satu golnya yang  paling kontroversial.

Alih-alih menggunakan kepalanya untuk dari umpan silang kepadanya, Maradona justru menggunakan tangannya untuk meninju bola ke gawang Peter Shelton dan gol tercipta.

Pemain Inggris yang merasa Maradona menggunakan tangannya untuk membelokkan arah bola lantas melakukan protes ke wasit. Namun, wasit bergeming dan tetap mengesahkan gol tersebut.

Baca Juga: Piala Dunia 1990: Kala Maradona Membelah Italia Jadi Dua

Di laga tersebut, Maradona juga mencetak gol fantastis dengan melakukan solo run dari tengah lapangan dengan melewati sejumlah pemain Inggris termasuk kiper, sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.

Senegal Singkirkan Prancis (Piala Dunia 2002)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x