Kompas TV olahraga kompas sport

Everton vs Liverpool: Jota dan Nunez Siap Main, Adu Klinis Lawan Neal Maupay?

Kompas.tv - 3 September 2022, 11:52 WIB
everton-vs-liverpool-jota-dan-nunez-siap-main-adu-klinis-lawan-neal-maupay
Ilustrasi. Pemain Liverpool yang masuk nominasi Ballon dOr, Darwin Nunez usai mencetak gol ketiga The Reds ke gawang Manchester City di ajang Community Shiled, 30 Juli 2022. Juergen Klopp menyatakan bahwa Nunez sudah bisa kembali merumput dalam partai Derbi Merseyside antara Everton vs Liverpool, Sabtu (3/9/2022). (Sumber: Leila Coker/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

LIVERPOOL, KOMPAS.TV - Partai Derbi Merseyside antara Everton vs Liverpool akan membuka pekan keenam Liga Inggris 2022/23. Laga derbi di Stadion Goodison Park ini dijadwalkan pada Sabtu (3/9/2022) pukul 18.30 WIB malam ini.

Liverpool mendapatkan kabar baik dengan kembalinya dua strikernya, Diogo Jota dan Darwin Nunez. Dua pemain ini sebelumnya absen karena alasan berbeda. Jota karena cedera, sedangkan Nunez karena hukuman kartu merah.

Darwin Nunez diganjar kartu merah dalam partai lawan Crystal Palace pada 15 Agustus lalu. Sedangkan Jota menderita cedera hamstring yang membuat striker asal Portugal itu belum bermain pada musim ini.

“Diogo mungkin akan masuk (skuad) juga, dia berlatih kemarin untuk pertama kalinya dengan tim. Dia akan berlatih hari ini,” kata pelatih Liverpool, Juergen Klopp, Jumat (2/9), dikutip laman resmi klub.

“Saya harus membuat keputusan, apakah masuk akal untuk melibatkannya (Jota) atau belum? Namun, ini pertama kalinya kami punya lima penyerang—terdengar seperti Hari Natal!” lanjut eks juru taktik Borussia Dortmund tersebut.

Baca Juga: Prediksi Everton vs Liverpool: Derby Merseyside Panaskan Liga Inggris Akhir Pekan Ini


Sementara itu, mengenai Nunez, Klopp menyebut kartu merah yang didapatnya tidak akan mengubah peran sang pemain di tim utama. Sebaliknya, waktu suspensi justru dimanfaatkan tim pelatih Klopp untuk mengasah Nunez.

“Kami mencoba memberinya sejumlah input ekstra secara fisik dan juga taktis. Dia terlihat benar-benar mapan sekarang, bahkan lebih dibanding sebelumnya, dia (berlatih) dengan sangat bagus pekan lalu,” kata Klopp.

Dari dua pertandingan awal Liga Inggris, Darwin Nunez telah mengemas satu gol dan satu assist untuk The Reds. Di ajang Community Shield lawan Manchester City, ia pun mencetak satu gol.

Akan tetapi, kendati mendapat angin segar dari lini serang, kabar buruk menghampiri The Reds dari lini tengah. Sang kapten, Jordan Henderson menambah daftar gelandang Liverpool yang masuk meja perawatan.

Henderson menderita cedera saat menghadapi Newcastle United pada tengah pekan lalu. Selain gelandang asal Inggris tersebut, Naby Keita, Thiago Alcantara, dan Alex Oxlade-Chamberlain juga masih cedera.

Di lain pihak, pelatih Everton, Frank Lampard, menyatakan bahwa striker barunya, Neal Maupay, berpeluang diterjunkan dalam Derbi Merseyside.

Striker asal Prancis itu direkrut dari Brighton & Hove Albion di bursa transfer musim ini. Kehadirannya dapat mengisi pos yang ditinggalkan Dominic Calvert-Lewin karena cedera.

“Dia (Maupay) akan masuk ke dalam skuad, tentunya. Kami telah berunding mengenai situasi striker dengan absennya Dominic. Dia (Maupay) langsung masuk pertimbangan,” kata Lampard.

Sejauh ini, duo Merseyside menorehkan tren kurang baik pada awal musim Liga Inggris. Liverpool meraih dua kemenangan beruntun tetapi masih tertinggal tujuh poin dari pemuncak klasemen sementara, Arsenal.

Sementara itu, kendati mengakhiri tren kekalahan beruntun dengan tiga hasil imbang berturut-turut, Everton masih belum menjauhi zona degradasi, hanya terpaut dua poin dari Leicester City di dasar klasemen.

Baca Juga: Bakal Duel dengan Manchester United, Lima Pemain Arsenal Termasuk Kapten Dikabarkan Absen



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x