Kompas TV olahraga kompas sport

PSSI Siap Tindak Tegas Wasit yang Tidak Adil dalam Pertandingan Liga 1 2022-2023

Kompas.tv - 12 Agustus 2022, 14:40 WIB
pssi-siap-tindak-tegas-wasit-yang-tidak-adil-dalam-pertandingan-liga-1-2022-2023
Sekjen PSSI Yunus Nusi bersama dengan para wasit dalam acara penyegaran untuk penilai wasit yang bertugas di Liga 1 2022-2023 di Hotel UNY, Yogyakarta, Kamis (11/8/2022). (Sumber: PSSI )
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI siap menindak tegas wasit yang dinilai tidak adil di Liga 1 2022-2023.

PSSI melalui Komite Wasit telah menggelar acara penyegaran untuk penilai wasit yang bertugas di Liga 1 2022-2023 di Yogyakarta pada 8-11 Agustus 2022.

Dalam acara ini PSSI juga mendatangkan instruktur dari AFC yakni Mohammad Rodzali dari Malaysia. 

Hal ini dilakukan agar wasit yang bertugas akan semakin berkualitas dan tidak ada lagi kejadian-kejadian yang dianggap tidak adil. 

“Kami sampaikan, penyegaran panilai wasit PSSI kali ini diikuti total 48 peserta. Selama acara digelar, mereka menjalani penyegaran peraturan pertandingan sesuai Law of The Game FIFA,” ujar Andesit Lestyanto selaku Head of Referee PSSI, seperti dilansir BolaSport, Jumat (12/8/2022).

“Setelah itu dilanjutkan dengan tes dan pendalaman materi serta akan diadakan pengamatan langsung pada pertandingan Semifinal AFF U16 di stadion,” tambahnya.

Kemudian Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam kesempatan ini menegaskan bahwa federasi juga terus mengawasi kinerja para wasit.

Baca Juga: Pesan PSSI di Final Piala AFF U16 untuk Suporter: Jangan Nyalakan Flare, Bikin Chants yang Keren

Ia juga berharap tak ada lagi keputusan-keputusan tidak adil di sepak bola Indonesia ke depannya.

“Untuk kesekian kalinya saya hadir dalam acara penyegaran perangkat pertandingan."

"Tak bosan saya sampaikan bahwa PSSI selalu awasi langsung dari televisi, media sosial, dan memberikan catatan-catatan untuk kejadaian-kejadian penting pada tiap pertandingan,” kata Yunus.

“Jika ditemukan ada kejanggalan atau kesalahan dalam pengambilan keputusan sepanjang laga, saya pastikan Komite Wasit akan langsung menindak tegas,” tambahnya.

Yunus menjelaskan jika ada wasit yang tidak adil, yang bersangkutan akan diberi hukuman sesuai dengan tingkat kesalahan.

“Harapan kami pada era sepak bola sekarang, wasit harus fair dan kami berupaya menjauhkan dari segala kecurangan dalam pertandingan,” ujarnya.

“Ketua Umum PSSI juga berpesan kesalahan-kesalahan mendasar dalam pergambilan keputusan jangan sampai terulang. PSSI akan bertindak tegas bila terbukti adanya kecurangan,” tuturnya.

“Bisa saja wasitnya diistirahatkan selama 1 bulan atau diberi hukuman lain, tergantung tingkat kesalahannya.”

Dalam waktu dekat, PSSI juga berencana menggelar penyegaran untuk perangkat pertandingan yang akan ditugaskan untuk Liga 2.

Baca Juga: Dorong Semangat Timnas, Final Piala AFF Lawan Vietnam PSSI Undang Orang Tua Seluruh Pemain



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x