Kompas TV olahraga kompas sport

Banting Raket Saat Juara Singapore Open, Ginting: Ini Kemenangan yang Emosional

Kompas.tv - 18 Juli 2022, 07:44 WIB
banting-raket-saat-juara-singapore-open-ginting-ini-kemenangan-yang-emosional
Anthony Sinisuka Ginting akhirnya naik ke podium tertinggi setelah cukup lama kemarau gelar. Ginting menjuarai Singapura Open 2022, Minggu (17/7/2022). (Sumber: PBSI)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

SINGAPURA, KOMPAS.TV – Pebulutangkis Anthony Ginting mengakhiri kemarau gelar selama dua tahun dengan mengalahkan petenis Jepang Kodai Naraoka 23-21, 21-17 di final tunggal putra Singapura Badminton Open pada Minggu (17/7/2022). Ketika mendapatkan poin terakhir yang memastikan kemenangannya, Ginting terlihat membanting raketnya hingga rusak. 

"Ini adalah kemenangan yang sangat emosional bagi saya. Saya harus menahan penurunan performa dan terus berjuang,” ujar Ginting seperti dikutip dari News Straits Times.

“Tapi saya tidak pernah berhenti percaya pada diri sendiri dan tahu saya akan keluar lebih kuat dari sebelumnya," ujarnya.

Performa Ginting memang sempat menurun pada awal tahun 2022. Bahkan dia terakhir kali memenangkan gelar BWF World Tour pada tahun 2020 lalu, yaitu pada Indonesia Master.

Baca Juga: Singapore Open 2022: Ginting Bersyukur Bisa Akhiri Puasa Gelar

Kini di Singapura Open, Ginting menunjukkan peningkatan performa. Pada babak semi-final, dia mengalahkan juara dunia Loh Kean Yew. Dalam pertandingan final, dia terus menampilkan gaya menyerang terhadap oponen asal Jepang, Kodai Naraoka.


 

Naraoka sendiri tampil sangat baik dan mengejutkan sepanjang Singapore Open 2022. Pemain dengan peringkat 43 dunia ini mengalahkan Jonatan Christie yang merupakan rangking 8 dunia. Selain itu dia juga mengalahkan H.S. Prannoy dan Zhao Jun Peng dari China, yang semuanya berperingkat lebih tinggi darinya.

Final Singapore Open 2022 merupakan pertemuan pertama antara Ginting dan Naraoka. 

"Saya tahu saya harus mengatur kecepatan yang sangat cepat untuk mengganggu gerakan dan ritmenya. Saya harus masuk ke posisi bagus yang akan memberi saya beberapa opsi untuk menyerang atau mencetak gol dengan cepat," kata Ginting.

Naraoka memang memberikan perlawanan yang kuat sejak babak pertama. Pada babak kedua, dia sempat memimpin di lima kesempatan.

Baca Juga: Hasil Singapore Open 2022: Tundukkan Tunggal Jepang, Anthony Ginting Juara!

Namun serangan ganas Ginting dan permainan net yang mumpuni, mampu membuat Ginting unggul dari skor 17-17 dan akhirnya memenangkan game kedua dengan skor 21-17.

Indonesia tampil sebagai juara umum di Singapore Open 2022. Selain Ginting, di nomor ganda putri, pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga memenangkan gelar tertinggi. Sedangkan ganda putra Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando memastikan gelar Super 500 pertamanya setelah menumbangkan rekan senegara, pasangan Fajar Alfian/Ryan Ardianto.



Sumber : News Straits Time


BERITA LAINNYA



Close Ads x