Kompas TV olahraga kompas sport

Barcelona Umumkan Kesepakatan Boyong Raphinha dari Leeds United

Kompas.tv - 13 Juli 2022, 20:00 WIB
barcelona-umumkan-kesepakatan-boyong-raphinha-dari-leeds-united
Bintang Leeds United Raphinha telah diumumkan untuk selangkah lagi berseragam Barcelona. (Sumber: Leeds United)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Leeds United dan FC Barcelona telah mencapai kesepakatan prinsip atas transfer Raphinha yang akan membuat pemain depan asal Brasil itu pindah ke Camp Nou musim panas ini.

Dilansir dari The Independent, Rabu (13/7/2022) kesepakatan untuk pemain berusia 25 tahun itu dilaporkan bernilai awal 58 juta euro (Rp876 miliar), tetapi bisa meningkat menjadi lebih dari 65 juta euro (Rp981 miliar) dengan bonus. 

Leeds kemudian memberi konfirmasi kabar tersebut di laman resmi mereka, dengan mengatakan: “Kami dapat mengonfirmasi bahwa kesepakatan pada prinsipnya telah dicapai dengan FC Barcelona untuk transfer Raphinha. Pemain sekarang akan menjalani tes medis di Spanyol.”

Sementara itu, pernyataan serupa juga dirilis oleh Barcelona yang berbunyi: “FC Barcelona dan Leeds United Football Club telah mencapai kesepakatan awal untuk transfer Raphael Dias Belloli, Raphinha, sambil menunggu pemeriksaan medis pemain.”

Lahir pada 14 Desember 1996 Raphael Dias Belloli, lebih dikenal sebagai 'Raphina', adalah salah satu pemain sayap terbaik di Eropa saat ini.

Baca Juga: Barcelona Jalin Kesepakatan Pribadi dengan Bintang Leeds United Raphinha

Dia dikenal memiliki kemampuan sangat baik saat satu lawan satu dengan bek lawan serta kepiawaiannya dalam melakukan tusukan dari sisi kanan. 

Klub pertama Raphinha di Eropa adalah klub Portugal Vitòria Guimaraes sebelum dia bergabung ke Sporting Clube de Portugal dengan nilai transfer 6,5 juta euro. 


Setelah sukses di Portugal, klub asal Prancis Rennes rela mengeluarkan dana 21 juta euro untuk memboyong pemain sayap itu ke Ligue 1.

Saat bermain di Prancie itu, Raphinha mampu menarik perhatian pelatih Leeds United Marcelo Bielsa yang kemudian membawanya bermain di Liga Premier Inggris. 

Pada musim pertamanya di bawah pelatih asal Argentina itu, Raphina mencatatkan 30 penampilan dengan mencetak enam gol dan memberikan sembilan assist

Di musim berikutnya, meski Leeds tampil buruk di sepanjang musim, pemain Timnas Brasil itu masih sukses mencetak 11 gol dan tiga assist untuk membantu klub asal Yorkshire itu lolos dari jeratan degradasi. 

Di Barcelona, Raphinha akan menjadi pesaing Ousmane Dembele di sisi kanan penyerangan Barcelona asuhan Xavi.  

Baca Juga: Xavi Minta Barcelona Segera Jual Frenkie de Jong ke Manchester United




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x