Kompas TV olahraga kompas sport

Siap-Siap, akan Ada Kejurnas Renang Perairan Terbuka di DIY, Cek Tanggalnya

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 02:00 WIB
siap-siap-akan-ada-kejurnas-renang-perairan-terbuka-di-diy-cek-tanggalnya
Seorang atlet berenang di Waduk Sermo, Kulonprogo, DIY. Pada akhir Juni 2022, PRSI DIY bakal menggelar kejuaraan renang perairan terbuka atau Open Water Swimming (OWS) berformat kejurnas. (Sumber: Dok. Humas PRSI DIY)
Penulis : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bakal menggelar kejuaraan Open Water Swimming (OWS) di Waduk Sermo, Kulon Progo, DIY, Juni 2022 mendatang. 

Berformat kejuaraan nasional (Kejurnas) OWS atau yang dikenal sebagai renang di perairan terbuka itu menurut rencananya akan dilaksanakan selama 2 hari, pada 25 sampai 26 Juni nanti. 

Seperti diketahui, salah satu nomor renang perairan terbuka ini umumnya digelar di laut. Namun PRSI DIY mengalami kesulitan bila menyelenggarakan OWS di Laut Pantai Selatan karena memiliki ombak yang besar. 

Pasalnya, faktor keamanan sangat penting dalam penyelenggaraan renang di perairan terbuka ini sehingga  dipilih Waduk Sermo di Kulon Progo, DIY. 

"Kami sudah melakukan survei di Wonosari karena ada danau yang bisa digunakan untuk OWS. Namun danau itu tidak representatif. Begitu pula di pantai selatan yang terlalu beresiko bila menggelar OWS karena ombaknya yang besar. Jadi kami memilih Waduk Sermo yang memang cukup ideal untuk OWS," kata Prijoto, Komite Teknis OWS Pengda PRSI DIY, Rabu (11/5).

Baca Juga: Kronologi Ambruknya Perosotan Kolam Renang di Kenjeran Park, Tinggi 8 Meter, 16 Orang Jadi Korban

Menurut Prijoto penyelenggaraan kejuaraan dalam rangka kaderisasi atlet renang di OWS. Apalagi, DIY memiliki prestasi cukup bagus di nomor itu saat Valeria Pauline Yuwono meraih medali perunggu di PON XX Papua. 

Ia berharap kejuaraan tersebut bisa memunculkan atlet penerus Pauline yang menjadi harapan meraih medali di PON. 

"Ini merupakan bagian dari kaderisasi di OWS karena di nomor ini DIY memiliki peluang bersaing di PON. Harus diakui kalau bersaing di renang lintasan memang tidak mudah karena kompetitor yang berat. Jadi, kami mencari peluang di OWS, loncat indah dan renang indah atau sinkronisasi," ucap Prijoto yang juga bertindak sebagai ketua panitia pelaksana kejuaraan.

Lebh lanjut, Prijoto menuturkan bila semula Pengda PRSI hendak menyelenggarakan Porda untuk OWS.

Dalam perkembangannya, skala kejuaraan ditingkatkan menjadi nasional atau kejurnas sehingga bisa diikuti atlet OWS dari berbagai daerah. 

Baca Juga: Punya Baju Renang? Begini Cara Mencucinya Supaya Awet

"Kami tengah mengupayakan kejuaraan ini menjadi Festival Aquatik Indonesia (FAI). Bila tidak, ini akan menjadi Kejurnas OWS yang diharapkan diikuti 300 peserta. Pengda PRSI juga berharap event ini bisa menjadi agenda tahunan OWS di Yogyakarta," jelas dia. 

Bila menjadi agenda tahunan, kejuaraan tersebut bisa berkembang menjadi event sport tourism untuk memancing wisatawan ke Waduk Sermo. 

Apalagi, kawasan waduk itu memiliki potensi wisata dan terletak tidak jauh dari Yogyakarta International Airport (YIS). 

"Bila menjadi event sport tourism, ini akan mengangkat ekonomi masyarakat sekitar," ucapnya. 

Selain menyelenggarakaan kejurnas, lanjutnya, Pengda PRSI DIY akan mengadakan official clinic bagi juri dan wasit OWS. Pelatihan itu akan diberikan sebelum kejurnas. 

Menurut rencana setelah mendapat pelatihan, mereka langsung diterjunkan menjadi juri di OWS.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x