Kompas TV olahraga kompas sport

Termahal! Kaus "Tangan Tuhan" Diego Maradona Terjual Rp132 Miliar

Kompas.tv - 5 Mei 2022, 00:00 WIB
termahal-kaus-tangan-tuhan-diego-maradona-terjual-rp132-miliar
Kaus Tangan Tuhan Diego Maradona terjual Rp132 miliar dan menjadi memorabilia olahraga termahal sepanjang sejarah. (Sumber: Twitter @Sothebys)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kaus Timnas Argentina yang dikenakan Diego Maradona pada Piala Dunia 1986 resmi terjual dalam lelang online seharga 9,2 juta dollar AS atau lebih dari Rp132 miliar.

Penjualan kaus yang dijuluki "Tangan Tuhan" itu memecahkan rekor sebagai barang memorabilia olahraga termahal sepanjang sejarah.

Penampilan Maradona saat mengenakan kaus tersebut memang sangat bersejarah.

Saat itu, pada laga Argentina melawan Inggris, Maradona mencetak gol kontroversial menggunakan tangannya yang mampu mengecoh kiper Peter Shilton.

Namun setelah kejadian itu, Maradona mencetak gol luar biasa yang mendapat penghargaan "Gol Abad Ini" dengan melewati enam pemain sebelum menceploskan bola ke gawang.

Baca Juga: Kaos Tangan Tuhan Maradona di Piala Dunia 1986 Ditawar Rp74 Miliar

Setelah pertandingan, legenda Napoli itu bertukar jersey dengan bek Nottingham Forest, Steve Hodge.

Hodge yang menyimpan dengan baik kaus tersebut kemudian sempat meminjamkannya ke Museum Sepak Bola di Manchester selama kurang lebih 20 tahun.

Sebelum pada akhirnya diputuskan untuk dijual dalam lelang online yang diselenggarakan perusahaan Inggris, Sotheby's.

Kaos Le Coq Sportif v-neck biru dengan nomor punggung 10 yang ikonik itu pun kini menjadi salah satu memorabilia olahraga paling berharga yang pernah ada.

Namun, penjualan kaus Tangan Tuhan tersebut sempat menimbulkan kontroversi saat keluarga Maradona mengeklaim bahwa kaus milik Hodge itu merupakan kaus ganti yang dikenakan Maradona saat turun minum, dan bukan kaus yang dikenakannya saat mencetak dua gol ke gawang Inggris.



Sumber : The Athletic


BERITA LAINNYA



Close Ads x