Kompas TV olahraga kompas sport

Giorgio Chiellini Pensiun dari Timnas Italia usai Duel Kontra Argentina

Kompas.tv - 26 April 2022, 08:02 WIB
giorgio-chiellini-pensiun-dari-timnas-italia-usai-duel-kontra-argentina
Giorgio Chiellini mengumumkan pensiun dari Timnas Italia setelah pertandingan persahabatan kontra Argentina pada Juni 2022. (Sumber: beinsport.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

TURIN, KOMPAS.TV - Bek tengah Timnas Italia, Giorgio Chiellini mengumumkan diri akan pensiun dari Gli Azzurri setelah pertandingan persahabatan kontra Argentina di Stadion Wembley, 1 Juni 2022 mendatang. 

"Saya akan mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional di Wembley di mana saya mengalami puncak karier saya dengan menjuarai Euro," kata Chiellini kepada DAZN, Selasa (26/4/2022).

"Saya ingin mengucapkan selamat tinggal kepada Azzurri atas kenangan indahnya. Laga nanti itu pasti bakal menjadi pertandingan terakhir saya bersama Italia."

Baca Juga: Italia Gagal ke Piala Dunia Qatar, Presiden FIFA Sangat Bersedih

Chiellini mencatatkan 116 penampilan dengan torehan 8 gol bersama Timnas Italia.

Dirinya menjadi pemain dengan jumlah caps terbanyak kelima sepanjang sejarah Gli Azzurri. Bek berusia 37 tahun hanya kalah dari Daniele De Rossi, Paolo Maldini, Fabio Cannavaro, dan Gianluigi Buffon.

Untuk prestasi, Chiellini sempat menjadi runner up Euro 2012, dan juara pada edisi Euro 2020 tahun lalu. Tetapi, Chiellini gagal membantu Gli Azzurri lolos ke dua edisi terakhir Piala Dunia. 

Di sisi lain, Chiellini belum menegaskan apakah bakal pensiun juga di level klub, atau memperpanjang kontraknya bersama Juventus yang habis musim panas 2023. 

"Percintaan saya dengan Juventus tidak berakhir, itu tidak akan pernah berakhir," sambung sarjana Ekonomi dan Pemasaran Universitas Turin.

"Tentu saja, mulai sekarang hingga akhir musim ini saya harus mengevaluasi semuanya, berbicara dengan keluarga saya tentang apa yang terbaik."

Baca Juga: Timnas Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia, Bonucci Salahkan Format Kualifikasi Zona Eropa

"Terlebih dahulu raih tempat keempat (dalam klasemen Serie A) dan menjuarai Coppa Italia, baru kita duduk bersama dua keluarga saya di rumah dan Juventus guna mengetahui apa yang terbaik bagi semua orang."

"Itu seperti musim panas lalu, saya meluangkan waktu dan tidak menandatangani kontrak baru sampai setelah Euro. Pada usia saya, Anda tidak bisa melihat terlalu jauh untuk kontrak jangka panjang, tapi itu wajar, semuanya baik-baik saja."

Sementara itu, duel Italia vs Argentina adalah penentuan siapa yang kuat antara juara bertahan Eropa dengan Amerika Selatan. Laga ini diberi tajuk Finalissima dan akan digelar di Stadion Wembley, 1 Juni 



Sumber : DAZN, Football Italia


BERITA LAINNYA



Close Ads x