Kompas TV olahraga kompas sport

Italia Gagal ke Piala Dunia Qatar, Presiden FIFA Sangat Bersedih

Kompas.tv - 1 April 2022, 16:36 WIB
italia-gagal-ke-piala-dunia-qatar-presiden-fifa-sangat-bersedih
Ekspresi Jorhinho setelah Italia dipastkan gagal ke Piala Dunia 2022. (Sumber: AP Photo/Antonio Calanni)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden FIFA Gianni Infantino mengungkapkan kesedihan atas kegagalan Gli Azzurri tidak tampil di Piala Dunia Qatar 2022. Pasalnya, ia diketahui menjadi penggemar Timnas Italia saat kecil.

Meski Gianni Infantino lahir di Swiss, orang tua Infantino adalah orang Italia tulen yang berasal dari Calabria.

“Untuk semua orang Italia, itu menyedihkan. Ini adalah Piala Dunia kedua berturut-turut di mana Azzurri tidak berpartisipasi. Jika mereka lolos ke Piala Dunia berikutnya, itu berarti mereka akan absen selama 12 tahun,” katanya dikutip dari Daily Mail, Jumat (1/4/2022).

“Saya berpikir kembali ketika saya masih kecil, emosi menonton Piala Dunia pada tahun 1978 dan 1982. Ini adalah hal-hal yang membuat Anda jatuh cinta dengan sepak bola,” imbuhnya.

Baca Juga: FIFA: Italia Tidak Mungkin ke Piala Dunia 2022 Qatar

"Sedih bagi anak-anak Italia, tetapi inilah situasinya, hanya 32 negara yang bisa lolos dan Piala Dunia setiap empat tahun. Itu untuk sekarang dan saya sangat bersedih,” tutur pria berusia 52 tahun itu.

Penggemar Gli Azzurri pasti berharap besar idola mereka berpartisipasi kembali di Piala Dunia setelah menjadi kampiun EURO 2020.

Tim asuhan Roberto Mancini gagal lolos otomatis dari babak grup kualifikasi Piala Dunia zona Eropa usai hanya menempati runner-up dan harus memainkan laga play-off.

Dikutip dari BolaSport, Jumat (1/4/2022), undian play-off yang menempatkan Italia di Path B bersama Portugal, Makedonia Utara, dan Turki membuat mereka harus memenangkan dua laga jika ingin lolos.

Baca Juga: Timnas Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia, Bonucci Salahkan Format Kualifikasi Zona Eropa

Italia tak langsung bertemu dengan Portugal dan menghadapi Makedonia Utara di semifinal play-off.

Tetapi, Italia justru tak berdaya usai kalah dari Makedonia Utara di semifinal. Padahal, Italia diperkirakan akan bertarung dengan Portugal demi merebut satu tiket Piala Dunia di final play-off.

Gol tunggal Aleksandar Trajkovski di menit tambahan waktu babak kedua menghancurkan impian Italia untuk mentas di ajang bergengsi antarnegara tersebut.

Ini menandakan kegagalan Italia absen dua kali beruntun di ajang Piala Dunia sepanjang sejarah mereka.

Sebelumnya pada edisi Piala Dunia 2018 di Rusia, Si Biru harus absen usai dikalahkan Swedia di babak play-off.

Baca Juga: Man United dan PSG Siap Tampung Roberto Mancini jika Dipecat dari Timnas Italia

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x