Kompas TV olahraga kompas sport

Indonesia Kirim 476 Atlet untuk Bertanding di SEA Games 2022 Vietnam

Kompas.tv - 30 Maret 2022, 21:57 WIB
indonesia-kirim-476-atlet-untuk-bertanding-di-sea-games-2022-vietnam
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali mengatakan bahwa akan mengirim 476 atlet dari 31 cabang olahraga pada SEA Games 2022 Vietnam. (Sumber: Kemenpora.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengumumkan akan mengirim sebanyak 476 atlet dari 31 cabang olahraga untuk memperkuat kontingen Indonesia di SEA Games 2022 Vietnam 

Meski menerjunkan 476 atlet, jumlah tersebut jauh lebih sedikit dari jumlah atlet yang dibawa ke edisi SEA Games sebelumnya. 

Pada SEA Games 2019 lalu, kontingen Merah Putih diperkuat 841 atlet, yang artinya tahun ini turun 43 persen. 

Dilansir dari Antara, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan bahwa pengurangan jumlah atlet dilakukan karena pemerintah ingin mengubah paradigma terkait SEA Games, yang hanya menjadi sasaran antara menuju Asian Games dan kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

"Kemudian berapa biaya dan anggaran yang akan dikeluarkan itu berdasarkan review yang terdiri dari atas para akademisi, perwakilan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan KONI Pusat. Kemenpora hanya mencatat," ucap Zainudin Rabu (30/3/2022). 

Baca Juga: 66 Atlet Esports Indonesia Siap Jalani Pelatnas Menuju Sea Games 2022

"Komposisi atlet yang dikirim adalah 60 persen junior dan 40 persen senior. Ini sesuai dengan target kita adalah Olimpiade."

"Semoga dengan efisiensi pengiriman atlet ini tetap bisa menghasilkan prestasi yang lebih baik," sambung dia.

Ketua tim review cabang olahraga SEA Games Mochamad Asmawi yang juga merupakan profesor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu mengatakan bahwa Indonesia akan mengikuti 31 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games Vietnam. 

Tidak semua cabang olahraga di SEA Games 2022 diikuti karena fokus untuk mengikuti cabang yang lebih berpotensi untuk menghasilkan medalim

Dari 31 cabor yang diikuti, 13 diantaranya merupakan cabang olahraga yang masuk ke dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan 18 cabang non-DBON.

Baca Juga: Akibat Keterbatasan Anggaran, KOI Pangkas Jumlah Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam

"Indonesia tidak ikut pada cabang dan sub-cabang olahraga SEA Games lain karena tidak punya rekam jejak prestasi dan ada permasalahan organisasi," kata Asmawi.

Cabang-cabang olahraga yang tidak dikuti Indonesia di SEA Games 2022 adalah bola tangan indoor dan pantai, dansa, petanque, kurash, futsal, biliar, tenis meja, muay thai, loncat indah, senam ritmik dan aerobik, binaraga, dan sepak bola putri.

Sementara itu cabang olahraga yang diikuti Indonesia di SEA Games 2022 Vietnam yakni Anggar, Angkat Besi, Atletik, Balap Sepeda, Bola Basket (5x5 dan 3x3), Bola Voli (Indoor dan Pantai), Boling, Bulu Tangkis, Catur, Dayung (Kano dan Rowing).

Ada pula cabang olahraga yang tengah populer di kalangan anak muda yakni Esports.

Selain itu masih ada Golf, Gulat, Jujitsu, Judo, Karate, Kick Boxing, Menembak, Panahan, Pencak Silat, Renang, Selam, Senam, Sepak Bola Putra, Sepak Takraw, Taekwondo, Tenis, Tinju, Triathlon, Vovinam, dan Wushu. 

Baca Juga: PBFI Siap Kirim Atlet Ke Sea Games Dengan Biaya Mandiri



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x