Kompas TV olahraga kompas sport

Jelang MotoGP Indonesia, Sejumlah Sensor Kecepatan Dipasang di Sirkuit Mandalika

Kompas.tv - 16 Maret 2022, 10:05 WIB
jelang-motogp-indonesia-sejumlah-sensor-kecepatan-dipasang-di-sirkuit-mandalika
Sejumlah pekerja tengah melakukan pengaspalan ulang di tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. (Sumber: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

LOMBOK, KOMPAS.TV - Jelang seri kedua MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, sejumlah sensor 20 canggih dipasang di lintasan sirkuit. 

Fungsi utama dari sensor ini adalah mencatat kecepatan pembalap secara digital. 

Sensor canggih pencatat kecepatan pembalap MotoGP ini terkoneksi dengan satelit melalui GPS dan terhubung ke semua motor para rider. 

Baca Juga: Jelang MotoGP, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Padang Bai Meningkat

"Ini di atas seperti GPS. Sama seperti telepon seluler kami dapat tahu dari titik A ke titik B berdasarkan perhitungan dari perpindahan GPS," sebut Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priadhi Satria kepada KOMPAS TV, Rabu (16/3/2022).

"Jadi alat ini akan mencatat kapan para pembalap melewati titik-titik GPS itu. Kami pasang di beberapa tempat dari start dan Dorna meminta untuk menambah beberapa sensor lagi," ujarnya. 

Gelaran MotoGP Mandalika sendiri bakal bergulir 18-20 Maret 2022 mendatang. 

Di sisi lain, hingga Rabu (16/3/2022) pagi WIB, MGPA masih menunggu hasil homologasi Sirkuit Mandalika yang dilakukan oleh FIM dan Dorna Sports. 

Untuk sementara, Sirkuit Mandalika masih berstatus Grade B. Tetapi, pihak MGPA optimistis akan mendapat hasil Grade A. 

Pasalnya, Sirkuit Mandalika baru saja diaspal ulang setelah mendapat keluhan dari para pembalap MotoGP di sesi uji coba pra musim bulan Februari silam. 

Baca Juga: MotoGP Indonesia: Sirkuit Mandalika Uji Homologasi Hari Ini, MGPA Optimis dapat Grade A

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x