Kompas TV olahraga kompas sport

Kapan Para Pembalap MotoGP Tiba di Indonesia?

Kompas.tv - 13 Maret 2022, 20:42 WIB
kapan-para-pembalap-motogp-tiba-di-indonesia
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau kesiapan aspal sirkuit Mandalika untuk ajang balap MotoGP 2022, Jumat (11/3/2022). (Sumber: Twitter Erick Thohir)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Rangkaian MotoGP Mandalika 2022 yang memiliki nama resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia dijadwalkan berlangsung pada 18-20 Maret Mendatang.

Ajang balap motor kelas dunia itu akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menjelang dimulainya rangkaian MotoGP Mandalika 2022, Direktur Utama (Dirut) Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria memberikan informasi terkait perkiraan kedatangan para pembalap.

Priandhi mengatakan bahwa para pembalap diharapkan sudah tiba di Indonesia maksimal pada Rabu (16/3/2022) atau dua hari sebelum dimulainya rangkaian MotoGP Mandalika 2022.

Berdasarkan penjelasan Priandhi, jalur kedatangan para pebalap akan terbagi menjadi dua, yakni ada yang langsung diarahkan ke Lombok, dan ada rider yang lebih dulu ke Jakarta.

Adapun para pembalap yang lebih dulu ke Jakarta dijadwalkan mengikuti parade berupa riding atau berkeliling mengendarai motor bersama Presiden Joko Widodo.

"Visa untuk para pembalap sudah kami tanda tangani. Kami harapkan semua pembalap sudah tiba di Indonesia hari Rabu," kata Priandhi Satria, dikutip dari Tribun NTB, Minggu (13/3/2022).

Baca Juga: Yamaha Ogah Kecewa Lagi, Quartararo dan Morbidelli Dituntut Raih Hasil Bagus di Mandalika

"Itu jalurnya ada dua, ada yang langsung ke sini (Lombok) dan ada pula yang mengikuti parade di Jakarta nanti," ujar Priandhi Satria.

Di samping informasi terkait kedatangan para pembalap, Priandhi mengungkapkan bahwa tim Dorna Sports (promotor MotoGP) yang juga menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan, sudah mulai berdatangan.

Bahkan, menurut Priandhi, sejumlah personel tim Dorna Sports sudah beraktivitas di area Sirkuit Mandalika.

"Kalau Dorna sudah ada beberapa orang yang datang, seperti yang bisa kita lihat saat ini," tutur Priandhi.

Berdasarkan jadwal MotoGP Mandalika 2022, para pembalap kelas utama akan memulai perjuangan dengan melakoni dua sesi latihan bebas atau free practice (FP1 dan FP2) pada hari pertama, Jumat (18/3/2022) depan.

Lalu, mereka bakal melakoni dua sesi latihan bebas terakhir (FP3 dan FP4) sebelum memperebutkan posisi start pada sesi kualifikasi yang termasuk dalam rangkaian hari kedua, Sabtu (19/3/2022).

Pada hari terakhir, Minggu (20/3/2022), barulah para pembalap kelas MotoGP akan berjuang dalam balapan utama atau race.

Baca Juga: Jadwal MotoGP 2022: Debut Indonesia, Mandalika Jadi yang Pertama di Asia Tenggara



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x