Kompas TV olahraga kompas sport

Shakhtar Donetsk Ubah Stadion Jadi Tempat Perlindungan untuk Ribuan Pengungsi Ukraina

Kompas.tv - 12 Maret 2022, 05:05 WIB
shakhtar-donetsk-ubah-stadion-jadi-tempat-perlindungan-untuk-ribuan-pengungsi-ukraina
Shakhtar Donetsk mengubah stadion Arena Lviv menjadi tempat perlindungan untuk ribuan pengungsi Ukraina. (Sumber: Twitter @FCShakhtar)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

LVIV, KOMPAS.TV - Klub sepak bola Shakhtar Donetsk ikut ambil bagian dalam upaya untuk membantu ribuan pengungsi Ukraina dengan mengubah stadion Arena Lviv menjadi tempat perlindungan. 

Menurut Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR), setidaknya ada 2.473.427 pengungsi dari Ukraina sejak Rusia pertama kali melakukan invasi ke Ukraina pada 24 Februari lalu.

Demi membantu para pengungsi, Shakhtar Donetsk mengubah Arena Lviv, stadion yang merupakan kandang dari FC Lviv dan Rukh Lviv, menjadi tempat perlindungan pengungsi. 

Arena Lviv sebelumnya juga sempat digunakan Shakhtar sebagai kandang antara Juli 2014 dan Desember 2016, ketika wilayah asal mereka, Donbass, pertama kali terlibat konflik dengan Rusia.

Arena Lviv juga salah satu dari delapan stadion yang digunakan untuk Euro 2012, yang diselenggarakan oleh Polandia dan Ukraina saat Spanyol menjadi juara dua kali berturut-turut.

Direktur komunikasi Shakhtar Donetsk Yuri Sviridov mengatakan, pihaknya ingin ikut membantu para pengungsi yang kesulitan untuk mencari tempat tinggal dan berlindung.

Baca Juga: Bungkam saat Invasi Rusia, FA Ukraina akan Cabut Rekor dan Gelar Anatoliy Tymoshchuk

Ia pun berharap langkah yang dilakukan Shakhtar Donetsk bisa diikuti oleh klub-klub lain.

Saat ini, Sviridov menjelaskan, para pengungsi membutuhkan makanan, obat-obatan dan pakaian. 

“Kami mencoba membantu di sini dan mengatur tempat penampungan di Lviv, yang memiliki stadion besar, yang digunakan di Euro 2012," kata Sviridov dikutip dari The Athletic, Jumat (11/3/2022).



Sumber : The Athletic


BERITA LAINNYA



Close Ads x