Kompas TV olahraga kompas sport

Kemenangan Petinju Indonesia Tibo Monabesa atas Jayson Vayson Tak Diakui WBC

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 17:24 WIB
kemenangan-petinju-indonesia-tibo-monabesa-atas-jayson-vayson-tak-diakui-wbc
Juara bertahan tinju WBC asal Indonesia, Tibo Monabesa. (Sumber: Dok. Promotor Armin Tan via Kompas.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Tinju Dunia (WBC) tidak mengakui kemenangan petinju Indonesia Tibo Monabesa atas Jayson Vayson (Filipina).

WBC memberi kepastian bahwa duel tersebut berakhir tanpa pemenang atau biasa disebut no contest. 

Tibo Monabesa berhasil menang angka atas Jayson Vayson dalam pertandingan mempertahankan gelar WBC Internasional kelas terbang ringan (48,9 kg) di Holywings Gatsu Club, Jakarta, Minggu (27/2/2022) silam. 

Baca Juga: Petinju Indonesia, Tibo Monabesa Sukses Pertahankan Sabuk Juara WBC Internasional

Kemudian, WBC mengevaluasi hasil penilain ketiga juri dan memutuskan untuk membatalkan kemenangan petinju asal Nusa Tenggara Timur tersebut. 

"Komisi Ofisial WBC telah mengkaji ulang laga Tibo Monabesa kontra Jayson Vayson," tulis surat resmi WBC yang ditandatangi Presiden Mauricio Sulaiman kepada Asosiasi Tinju Indonesia (ATI), 7 Maret 2022, seperti yang dilaporkan Kompas.com. 

"Dari 10 juri yang mengevaluasi pertandingan itu, memutuskan kemenangan untuk Jayson dengan selisih angka besar."

Adapun, WBC menyoroti tiga juri yang bertugas dalam pertandingan itu semuanya berasal dari Indoenesia dan dinilai tidak netral. 

Melansir data dari Boxrec, juri Rocky Joe memberikan skor 95-93 untuk Tibo, Ricardo Simanungkalit memberikan 95-94 untuk Tibo, dan Teguh Tambunan menilai skor imbang 94-94. 

Baca Juga: Kesedihan Selimuti Pemakaman Hero Tito, Petinju Nasional yang Meninggal Usai Alami Pendarahan Otak

"WBC memutuskan pertandingan in No Contest (tidak ada pemenang) dan tidak mengakui kemenangan Monabesa," lanjut pernyataan WBC. 

Lain itu, WBC juga menawarkan pelatihan kepada wasit-wasit tinju Indonesia agar dapat membuat keputusan yang lebih baik. 

"Kami bakal senang memberikan pelatihan kepada juri dan wasit Anda via Zoom dalam pengawasan WBC University, yang bermanfaat untuk kerja salam keseragaman. Kami sangat menantikan tanggapan Anda," tegas surat tersebut.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x