Kompas TV olahraga kompas sport

Kontroversi Dua Pemain Bali United, Spaso dan Nadeo Sindir Shin Tae-yong soal Timnas?

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 11:03 WIB
kontroversi-dua-pemain-bali-united-spaso-dan-nadeo-sindir-shin-tae-yong-soal-timnas
Ilja Spasosevic atau biasa disapa Spaso bikin kontroversi, dianggap kritik Shin Tae-yong yang enggan membawanya ke timnas meski jadi top skorer BRI Liga 1 (Sumber: Twitter BRI Liga 1)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua pemain Bali United, Illja Spasojevic dan Nadeo Argawinata membuat kontroversi yang membuat suporter Indonesia bertanya-tanya, apakah mereka berdua menyindir pelatih timnas Shin Tae-yong?

Ilja Spasojevic atau biasa Spaso adalah pemain yang kini sudah resmi jadi warga negara Indonesia dan tidak dipanggil di skuad Shin Tae-yong di AFF Singapura beberapa waktu lalu.

Padahal, timnas butuh seorang penyerang mumpuni dan hampir seluruh striker Shin Tae-yong saat berlaga di Singapura itu dianggap tak tangguh.  

Pada gelaran AFF 2020 lalu, Ezra Walian hanya mencetak dua goal selama turnamen. Padahal, Indonesia membawa striker yang sesuai dengan keinginan Shin Tae-yong. Mulai dari yang muda Ezra Walian, Hanif Saghara hingga Dedik Setiawan.

Hal ini tentu membuat heran karena di liga Indonesia, Shin Tae-yong sejatinya bisa mengandalkan Spaso yang tampil trengginas di Bali United.

Sampai sekarang, ketika timnas senior Indonesia sedang jeda dan tidak ikut tampil di International Match Day yang sejatinya digelar Maret mendatang, nama Spaso selalu disebut-disebut layak untuk berada di skuad Shin Tae-yong.

Lantas, Spaso mengunggah statistik dirinya sebagai top scorer Liga 1 2021/22 dengan koleksi 20 gol dan 3 assist.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ilija Spasojevic (@spaso_87)

Dengan semua pencapaian itu, Spaso tak juga dilirik Shin Tae-yong meski timnas Indonesia terang benderang membutuhkan striker.

"Lumayan bagus ya untuk pemain tua yang kecapean di latihan," tulis Spaso dikutip dari BolaSport, Rabu (9/3/2022).

Ungkapan soal pemain tua dan kecapean dianggap sebagai sindiran terhadap Shin Tae-yong yang menganggp dirinya sudah tua. Sedangkan Shin Tae-yong sendiri memang tidak memanggilnya karena dianggap saat Latihan timnas kelelahan.

“Saya tahu dia mencetak banyak gol di Liga 1, punya finishing yang baik. Tapi ketika pemusatan Latihan, dia terlihat lelah. Tidak membuat saya terkesan,” kata Shin Tae-yong soal alasan tidak memanggil Spaso pada akhir Desember 2021 lalu.

Baca Juga: Tidak Bawa Ilija Spasojevic ke Piala AFF 2020, Ini Alasan Shin Tae-yong

Kontroversi Nadeo, Kritik Naturalisasi Timnas di Posisi Kiper?

Lain Spaso, lain juga kiper Bali United yang juga kiper utama Timnas Indonesia, Nadeo Argawinati yang dianggap mengkritik upaya naturilasi timnas Indonesia yang kemungkinan bakal mengancam posisinya.

Iya nih lagi cari kopi yang ada rasa-rasa luar negerinya, iya ga sih? cocok tuh," cuit Nadeo di Twitter membalas pertanyaan pemain timnas, Bagas Kaffa (4/3/2022).

Hal ini terkait dengan ramai pemberitaan belakangan ini soal timnas bakal naturalisasi dua kiper dari Eropa.

Tidak tanggung-tanggung, PSSI berencana naturalisasi Emil Audero yang moncer di liga Italia bersama Sampdoria hingga Cyirus Margono di Liga Yunani, Phanatinaikos. 

Banyak yang menilai keputusan ini agak aneh mengingat masalah utama timnas di era Shin Tae-yong adalah soal ketajaman striker. Tapi, kenapa di posisi kiper yang harusnya aman jika melihat penampilan impresif Nadeo di AFf 2020 lalu. 

Untuk itulah, cuitan Nadeo jadi kontroversial karena ada frasa 'luar negeri' yang dianggap sebagai bagian dari kritik ke timnas dan PSSI soal naturalisasi ala Shin Tae-yong. 




Sumber : Kompas TV/BolaSport


BERITA LAINNYA



Close Ads x