Kompas TV olahraga kompas sport

Vladimir Putin Didepak dari Federasi Judo Internasional

Kompas.tv - 8 Maret 2022, 05:30 WIB
vladimir-putin-didepak-dari-federasi-judo-internasional
Presiden Rusia Vladimir Putin. Federasi Judo Internasional mengumumkan telah mendepak Putin dari seluruh gelar dan jabatannya di organisasi tersebut. (Sumber: Andrei Gorshkov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

BUDAPEST, KOMPAS.TV - Federasi Judo Internasional (IJF) mengumumkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dicopot dari semua gelar dan posisinya di organisasi tersebut, Minggu (6/3/2022).

Selain Putin, organisasi yang berbasis di Budapest, Hungaria itu juga mendepak pebisnis Rusia sekaligus sekutu sang presiden, Arkady Rotenberg.

“Federasi Judo Internasional mengumumkan bahwa Mr. Vladimir Putin dan Mr. Arkady Rotenberg telah dicopot dari semua posisi yang dipegang di Federasi Judo Internasional,” tulis pernyataan IJF dikutip Associated Press, Senin (7/3).

IJF sendiri sebelumnya telah mengambil sikap menyusul invasi Rusia ke Ukraina. Pekan lalu, IJF menangguhkan jabatan presiden kehormatan Putin, menyinggung “konflik perang yang sedang terjadi di Ukraina”.

Baca Juga: Profil Putin, Pria Di Balik Invasi Rusia ke Ukraina, Pernah Di-bully Saat Sekolah, dan Lulusan Hukum

Sementara itu, Rotenberg yang juga berasal dari kota St. Petersburg sebelumnya menjabat sebagai “manajer pengembangan” di komite eksekutif IFJ.

Vladimir Putin sendiri dikenal sebagai penggemar judo yang bersemangat, secara langsung menghadiri pertandingan judo di Olimpiade London 2012.

IJF pun bukanlah satu-satunya organisasi olahraga yang menjauhkan diri dari Putin menyusul invasi ke Ukraina. Federasi Takweondo Dunia juga mengambil sikap dengan mencabut gelar sabuk hitam sang presiden.

Rusia pun tak luput dari sanksi badan olahraga lain. FIFA telah mengumumkan bahwa Timnas Rusia tidak akan bertanding di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Gara-Gara Rusia Invasi Ukraina, Vladimir Putin Kehilangan Sabuk Hitam Taekwondo


 



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x