Kompas TV video vod

Profil Putin, Pria Di Balik Invasi Rusia ke Ukraina, Pernah Di-bully Saat Sekolah, dan Lulusan Hukum

Kompas.tv - 6 Maret 2022, 22:02 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Mata dunia kini tertuju pada Presiden Rusia Vladimir Putin, sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022). 

Pemilik nama asli Vladimir Vladimirovich Putin, ia lahir di Leningrad pada 7 Oktober 1952. 

Menginjak usianya yang ke 69 tahun, Putin telah menandatangani undang-undang yang dapat membuatnya tetap menjabat di Kremlin hingga 2036.

Associate Professor st. Peter's College dari Universitas Oxford bernama Vlad Mykhnenko mengatakan Putin pada masa mudanya tak terlepas dari perundungan teman-temannya. 

Baca Juga: Putin Resmi Blokir Facebook dan Twitter, Ini Alasannya

“Dia berasal dari keluarga kelas pekerja yang miskin. Kami memiliki detail yang sangat kabur tentang ayahnya. Saya pikir kami tahu dia jelas dibesarkan di St Petersburg, di Leningrad saat itu. Dia jelas memberi tahu semua orang bahwa dia adalah anak yang diintimidasi.”kata Vlad pada APTN.

Itulah alasan mengapa Putin mendalami ilmu bela diri seperti Judo. 

“Itu sebabnya dia pergi untuk melakukan seni bela diri jenis judo, gaya Soviet. Dia bertemu dengan beberapa orang di sana yang membantunya untuk mengembangkan egonya. Dan kemudian dia bergabung dengan universitas.”kata Vlad.

Baca Juga: Mengenal Sosok Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Fasih 3 Bahasa dan Pernah jadi Aktor

Putin juga mengambil jurusan hukum saat dia duduk di bangku kuliah di Universitas Leningrad tahun 1970.

Putin lulus dari sana tahun 1975, dan juga melanjutkan Putin menemukan ketertarikan untuk berkarier di sebuah badan intelijen Rusia.

“Dia belajar hukum, dan kemudian dia direkrut ke KGB dan dikirim... penunjukan terakhirnya adalah operator KGB (badan intelijen Uni Soviet) di Dresden,”jelas Vlad.

Video Editor: Faqih
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x