Kompas TV olahraga kompas sport

Jurgen Klopp Tetap Mundur dari Liverpool Tahun 2024 atau

Kompas.tv - 5 Maret 2022, 16:25 WIB
jurgen-klopp-tetap-mundur-dari-liverpool-tahun-2024-atau
Jurgen Klopp merasa Liverpool akan sulit untuk meraih empat gelar atau quadruple yang ia anggap hal gila. (Sumber: Twitter @LFC)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menyatakan keinginannya untuk tetap mundur pada 2024 mendatang sesuai kontrak.

Hal itu diungkapkan Klopp saat konferensi pers jelang melawan West Ham United. 

Padahal, saat ini dianggap jadi musim terbaik Liverpool dan kemungkinan manajemen akan menambah masa bakti juru taktik asal Jerman tersebut.   

Lantas, apa yang bikin Klopp tetap mundur dari Liverpool pada 2024 mendatang? Apa karena skuat Liverpool saat ini?

“Rencananya masih sama (untuk mundur 2024 sesuau kontrak). Saya menyadari ketika saya memberikan jawabannya, saya berpikir, 'Ya Tuhan!' tetapi saya tidak bisa menarik jawaban itu,” papar Klopp di situs resmi Liverpool, Sabtu (5/3/2022).

Klopp menjelaskan, soal rencananya yang masih sama dan belum ada yang berubah.

“Kecuali jika saya memutuskan untuk kemudian pergi, atau mungkin saya dipecat pada tahun 2023, tetapi jika saya memutuskan untuk pergi pada tahun 2024, itu tidak ada hubungannya dengan kualitas skuat,” papar Klopp.

Baca Juga: Kata Jurgen Klopp soal Mental Monster Liverpool dan Peluang Quadruple: Akan Kami Coba!

Proyek Jangka Panjang Jurgen Klopp untuk Liverpool

Skuat Liverpool musim ini memang dianggap mulai menua dan beberapa andalan dia sudah menginjak kepala tiga seperti Virgin Van Dijk, Jordan Henderson maupun trio Mo Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane.

Meski begitu, saat ini Liverpool tampak melakukan peremajaan terhadap tim inti The Reds. Khususnya ketika memasukkan beberapa pemain muda jadi pilihan utama. 

Mulai dari Harvey Elliot (18 tahun) hingga Ibrahima Konate (19 tahun) yang diproyeksikan untuk masa depan Liverpool. 

“Jadi, itu tidak akan seperti 'Ya Tuhan, saya harus memimpin tim ini', atau 'Lebih baik berhenti daripada mengelola tim ini' - tidak seperti itu, tidak ada hubungannya dengan itu. Semua hal yang kami lakukan adalah untuk jangka panjang,” papar Klopp.  

“Klub ini harus menjadi lebih baik ketika terutama saya tidak di sini lagi dan itulah rencananya. Itulah yang sedang kami kerjakan sehingga tidak begitu penting berapa lama saya akan bertahan, jauh lebih penting apa yang kami lakukan sampai saat itu,” imbuhnya.

Baca Juga: 3 Pemain Muda Liverpool Bukti Jurgen Klopp Bangun Dinasti di Anfield

Klopp belakangan mengklarifikasikan tentang komentarnya yang mengatakan bahwa dia "tidak tahu" apakah dia akan memperpanjang kontraknya atau tidak. 

Klopp belakangan memang mengindikasikan bahwa dia akan rehat selama satu tahun dari sepak bola. Apalagi setelah kontraknya pada 2024 berakhir. Ia juga memastikan, tidak akan memegang klub manapun selama prosesi rehat tersebut. 

Liverpool saat ini sendiri sedang kejar-kejaran dangan Manchester City di tangga Liga Inggris. Mereka tertinggal 6 poin di belakang City di Klasemen Liga Inggris. Meski begitu, Liverpool masih unggul 1 pertandingan dan masih berjumpa dengan Man City.

Peluang juara tentu saja masih lebar, apalagi Liverpool berpeluang mengejar rekor Quadruple, yakni empat gelar Liga Inggris. Yakni, FA Cup, Liga Inggris, Liga Champions dan Carabao Cup. Piala yang disebut terakhir sudah nangkring di Liverpool pekan lalu usai mengalahkan Chelsea di final dengan adu penalti. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x