Kompas TV olahraga kompas sport

Formula 1 Juga Batalkan GP Rusia di Kalender Balapan F1 Musim Ini

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 21:00 WIB
formula-1-juga-batalkan-gp-rusia-di-kalender-balapan-f1-musim-ini
Buntut Rusia invasi Ukraina, Formula One (F1) juga batalkan GP Rusia musim ini. (Sumber: AP Photo/Kamran Jebreili)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Formula One (F1) juga ikut membatalkan balapan mereka di Rusia musim ini setelah negara pimpinan Vladimir Putin tersebut menginvasi Rusia.

Balapan di Sochi tersebut sebelumnya dijadikan akan berlangsung pada 25 September, tetapi sekarang telah dibatalkan setelah invasi yang dilakukan Rusia di Ukraina.

Kepastian tersebut diumumkan oleh F1 melalui sebuah pernyataan resmi mereka pada Jumat (25/2/2022).

“Kejuaraan Dunia Formula Satu (FIA) mengunjungi negara-negara di seluruh dunia dengan visi positif untuk menyatukan orang, menyatukan bangsa," buka pernyataan F1.

"Kami mengamati perkembangan di Ukraina dengan kesedihan dan keterkejutan dan berharap untuk penyelesaian yang cepat dan damai untuk situasi saat ini."

“Pada Kamis malam Formula Satu, FIA, dan tim membahas posisi olahraga kami, dan kesimpulannya adalah, termasuk pandangan semua pemangku kepentingan terkait, bahwa tidak mungkin menggelar Grand Prix Rusia dalam situasi saat ini.”

Belum jelas apakah GP Rusia akan diganti dengan balapan di negara lain. Tapi sejauh ini, Sirkuit Istanbul Park, Turki, disebut menjadi favorit untuk mengisi slot kosong kalender F1 musim ini.

Sebelumnya, beberapa pembalap F1 juga menolak untuk membalap di Rusia setelah apa yang terjadi Ukraina dalam dua hari terakhir.

Salah satunya ialah Sebastian Vettel dari tim Aston Martin yang mengatakan bahwa ia tak akan ikut jika balapan di Rusia tetap digelar.

Baca Juga: Ukraina Diserang, Sebastian Vettel Tegaskan Grand Prix Rusia Harus Dibatalkan



Sumber : talkSPORT/BBC/Sky Sports


BERITA LAINNYA



Close Ads x