Kompas TV olahraga kompas sport

Momen Unik Pemain Timnas Putri Selandia Baru Cetak Perfect Hat-trick ke Gawang Sendiri

Kompas.tv - 21 Februari 2022, 17:00 WIB
momen-unik-pemain-timnas-putri-selandia-baru-cetak-perfect-hat-trick-ke-gawang-sendiri
Kiper Timnas Putri Selandia Baru, Erin Nayler, berbicara dengan bek, Meikayla Moore, usai Moore mencetak gol bunuh diri dalam partai Piala SheBelieves lawan Amerika Serikat di California, Minggu (20/2/2022) atau Senin (21/2/2022) dini hari waktu Indonesia. AS memenangi laga ini dengan skor 5-0, Moore mencetak hat-trick bunuh diri. (Sumber: Mark J. Terrill/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Pertandingan Timnas Putri Amerika Serikat (AS) vs Selandia Baru dalam gelaran Piala SheBelieves, Senin (21/2/2022) dini hari waktu Indonesia, diwarnai kejadian unik. Bek tengah Selandia Baru, Meikayla Moore, menjadi sorotan usai mencetak hat-trick. Hanya saja, trigol itu dicetaknya ke gawang sendiri.

Walaupun tergolong unik, mengingat jarangnya pesepak bola mencetak gol bunuh diri lebih dari satu per pertandingan, kejadian ini tentu mengerikan bagi Moore. Bek 25 tahun ini pun diganti pelatih empat menit setelah mencetak gol ketiga.

Baca Juga: Momen Kiper Darurat Komoro Lupa Boleh Main Pakai Tangan

Mimpi buruk Moore berawal ketika pertandingan baru berlangsung lima menit. Dari sayap kiri, Sophia Smith mengirim umpan silang ke kotak penalti Selandia Baru.

Moore berupaya menghalau bola dengan kaki kanannya. Sayangnya, bola justru bersarang ke sudut jauh gawang yang dijaga kiper Selandia Baru, Erin Nayler.

Semenit kemudian, Moore kembali mencetak gol bunuh diri. Pemain kelahiran Christchurch itu membayangi penyerang AS, Catarina Macario, yang berupaya menyambut umpan silang. Nahasnya, sundulan Macario yang melebar justru dibelokkan kepala Moore ke gawangnya sendiri.

Gol bunuh diri ketiga Moore terjadi pada menit ke-36. Sang pemain berupaya menghalau umpan silang Margaret Purce dari sayap kanan. Namun, sapuan tak sempurna dengan kaki kirinya membuat bola justru masuk gawang sendiri.

Empat menit kemudian, pelatih Jitka Klimova mengganti Moore dengan Rebekah Stott. Selandia Baru pun tertinggal 3-0 hingga babak pertama berakhir.

Trigol Meikayla Moore ke gawangnya sendiri tercatat sebagai trigol sempurna (perfect hat-trick), istilah yang disematkan bagi trigol yang dicetak masing-masing dengan kaki kanan, kaki kiri, dan sundulan kepala. 

Selandia Baru mengakhiri pertandingan dengan kekalahan 5-0. AS sukses menambah dua gol lewat aksi Ashley Hatch dan Mallory Pugh.

Pertandingan lawan AS adalah momen yang patut dilupakan Moore sepanjang kariernya. Sang pemain terhitung cukup senior di Timnas Putri Selandia Baru.

Disarikan dari berbagai sumber, Moore telah mengantongi 48 caps timnas sejak membuat debut pada 2013.

Di level klub, Moore bermain untuk Liverpool yang berkiprah di FA Women’s Championship, divisi kedua Liga Inggris bagi perempuan.

Walaupun rekornya unik, Meikayla Moore bukanlah pesepak bola pertama yang mencetak trigol ke gawang sendiri. Pada 1995 silam, pemain sepak bola laki-laki asal Belgia, Stan van de Buys, sudah melakukannya lebih dulu.

Dalam partai lanjutan Liga Belgia antara Germinal Ekeren vs Anderlecht, Van de Buys mencetak trigol ke gawang sendiri. Hasilnya, timnya kalah 2-3 dari Anderlecht.

Baca Juga: Kepolisian Manchester Investigasi Penyerangan yang Dialami Keluarga Phil Foden


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x