Kompas TV olahraga kompas sport

Disebut Jadi Incaran Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia, Siapa Tijjani Reijnders?

Kompas.tv - 11 Februari 2022, 17:19 WIB
disebut-jadi-incaran-shin-tae-yong-untuk-timnas-indonesia-siapa-tijjani-reijnders
Gelandang tengah AZ Alkmaar, Tijjani Reijnders.(Tangkapan Layar Instagram Tijjani Reijnders. (Sumber: Instagram/@tijjanir)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Shin Tae-yong bergerak cepat setelah proses naturalisasi Kevin Diks dan Mees Hilgers gagal.

Pelatih asal Korea Selatan itu langsung memutuskan untuk mengajukan nama baru.

Dikutip dari BolaSport, Kevin Diks dan Mees Hilgers dipastikan batal dinaturalisasi. Hal ini dikarenakan kedua pemain tersebut tak mendapatkan restu dari orang tua mereka.

"Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Kevin Diks kami drop," ucap Exco PSSI, Hasani Abdulgani yang juga hadir di kantor Menpora kepada wartawan, Kamis (10/2/2022).

"Kami tidak lanjutkan karena faktor izin orang tuanya," ujarnya.

Setelah proses naturalisasi kedua pemain tersebut gagal, nama Tijjani Reijnders muncul ke permukaan. Awalnya nama Tijjani tidak langsung disebutkan, namun Hasani memberi petunjuk bahwa pemain yang diincar adalah geladang serang AZ Alkmaar.

"Namanya masih dirahasiakan karena saya masih mencoba mencari tahu dulu dan sedang saya dalami," kata Hasani.

"Posisinya gelandang serang. Namanya terbilang baru. Bukan yang selama ini beredar. Dia keturunan Maluku. Pemain AZ Alkmaar."

Dengan kriteria tersebut mengarah ke pemain AZ Alkmaar, Tijjani Reijnders. Pemain tersebut dirumorkan diinginkan Shin Tae-yong untuk perkuat timnas Indonesia.

Baca Juga: Shin Tae-yong Sudah Punya Nomor Kontak Kevin Diks, Segera Proses Naturalisasi?

Lantas, siapa Tijjani Reijnders? Tijjani Reijnders adalah pemain berposisi sebagai gelandang tengah, namun bisa juga bermain pada posisi gelandang bertahan dan gelandang serang.

Pemain yang merumput di klub kasta tertinggi Liga Belanda (Eredivisie) bersama AZ Alkmaar tersebut lahir di Kota Zwolle, Belanda, pada 29 Juli 1998.

Tijjani Reijnders disebut-sebut memiliki garis keturunan Indonesia dari sang Ibu. Dilansir dari Transfermarkt, sejak berumur 5 (lima) tahun, Tijjani sudah masuk ke akademi sepak bola.

VWF Zwolle menjadi akademi sepak bola pertama Tijjani menimba ilmu hingga usianya menyentuh angka 9 (sembilan) tahun.

Setelah empat tahun di akademi VWF Zwolle, Tijjani pindah ke PEC Zwolle hingga usianya 13 tahun. Pada tahun 2011, Tijjani pindah lagi ke akademi FC Twente hingga 2015.

Kemudian Tijjani pindah ke CSV 28 Zwolle, dan kembali lagi ke klub masa kecilnya PEC Zwolle pada musim 2016-2017.

Tijjani lalu diboyong oleh AZ Alkmaar U21 pada Agustus 2017 hingga Januari 2018. Setelah itu ia bergabung dengan AZ Alkmaar hingga Januari 2020.

Kemudian, Tijjani dipinjamkan ke RKC Waalwijk hingga Juni 2020. Setelah itu, ia kembali ke AZ Alkmaar. Pada Eredivisie musim 2020-2021, Tijjani Reijnders tampil dalam 22 laga dengan 721 menit bermain bersama AZ Alkmaar.

Permainan sang pemain terus meningkat dan musim ini menjadi pilihan utama pelatih AZ Alkmaar, Pascal Jansen, untuk mengisi lini tengah.

Sejauh ini, Tijjani tampil dalam 20 pertandingan AZ Alkmaar di Eredivisie dengan mencatatkan dua gol dan dua assist, ketika artikel ini diterbitkan.

Meski belum pernah dipanggil ke timnas senior Belanda, Tijjani Reijnders, pernah bermain untuk timnas U20 Belanda. Tijjani tercatat pernah tampil tiga kali untuk timnas U20 Belanda.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x