Kompas TV olahraga kompas sport

Top Skor Piala AFF: Irfan Jaya Bisa Salip Teerasil Dangda, Pertahanan Solid Vietnam Alasannya

Kompas.tv - 20 Desember 2021, 19:49 WIB
top-skor-piala-aff-irfan-jaya-bisa-salip-teerasil-dangda-pertahanan-solid-vietnam-alasannya
Irfan Jaya beraksi dalam pertandingan Piala AFF 2020 antara Malaysia vs Indonesia, Minggu (19/12/2021). (Sumber: Laman resmi Piala AFF)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kontestan semifinal Piala AFF 2020 sudah ditetapkan menyusul berakhirnya babak penyisihan grup pada Minggu (19/12/2021). Timnas Indonesia berhasil lolos usai membungkam Malaysia 1-4.

Penampilan kolektif yang impresif lawan Malaysia juga diwarnai moncernya performa individual Irfan Jaya. Striker PS Sleman ini mencetak dua gol dan satu asis ketika menghajar Harimau Malaya.

Dwigol ke gawang Khairul Fahmi mengerek nama Irfan Jaya di daftar top skor sementara Piala AFF. Sang pemain saat ini menempati urutan kedua dengan tiga gol.

Terdapat tiga pemain di Piala AFF yang unggul torehan gol dari Irfan. Mereka adalah Teerasil Dangda, Bienvenido Maranon, serta Safawi Rasid; masing-masing mencetak empat gol.

Akan tetapi, jika meninjau turnamen secara keseluruhan, Irfan saat ini patut dianggap sebagai saingan utama Teerasil Dangda. Pasalnya, Safawi Rasid dan Maranon sudah tidak bertanding di Piala AFF.

Baca Juga: 4 Kunci Kemenangan Indonesia saat Lawan Malaysia di Laga Terakhir Grup B Piala AFF 2020

Timnas Malaysia dan Filipina gagal lolos ke semifinal. Sedangkan Irfan dan Teerasil masih bisa menambah torehan gol dalam dua leg semifinal.

Indonesia sendiri akan menghadapi runner-up Grup A, Singapura. Sebaliknya, Thailand mesti menghadapi tim terkuat di Asia Tenggara saat ini, Vietnam.

Dua leg semifinal pun dapat menjadi ajang Irfan Jaya untuk menyalip Teerasil di papan top skor.

Selain harus menghadapi lawan yang relatif sulit, Thailand harus bekerja keras membongkar pertahanan solid lawan. Timnas Vietnam merupakan tim dengan rekor pertahanan terbaik selama fase grup Piala AFF.

Anak asuh Park Hang-seo telah melewati empat pertandingan Grup B lawan Laos, Kamboja, Malaysia, dan Indonesia. Namun, The Golden Stars belum pernah sekali pun kebobolan.

Vietnam mencetak sembilan gol dan kebobolan nol sepanjang fase grup. Mereka mencatatkan selisih gol identik dengan Indonesia, tetapi kalah agresivitas gol.

Teerasil Dangda dan kawan-kawan dipastikan harus bekerja lebih keras untuk mencetak gol ke gawang Vietnam.

Sebaliknya, lawan Indonesia telah kebobolan tiga gol sepanjang fase grup. Dua dari tiga gol yang membobol tuan rumah Singapura dicetak oleh Thailand.

Indonesia sendiri merupakan tim terproduktif di babak penyisihan grup Piala AFF (13 gol). 

Irfan Jaya tentu ingin membantu skuad Merah Putih mencapai final Piala AFF 2020. Jika berkontribusi dengan gol, sang pemain pun berkesempatan menyamai atau mengudeta Teerasil Dangda.

Baca Juga: Pecah Rekor! Cetak Brace ke Gawang Filipina, Teerasil Dangda Jadi Top Skor Sepanjang Masa Piala AFF


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x